Fenomagz
Unleash the Wild Side

Yuk, Deteksi Kesehatan Fenomen Lewat Warna Urine

0

Kondisi kesehatan Fenomen bisa diketahui lewat warna urine

 

FENOMAGZ – Pernahkah Fenomen memperhatikan warna urine saat buang air kecil? Selama ratusan tahun, urine atau air seni telah menjadi salah satu cara dokter melihat kondisi kesehatan pasien. Perubahan dalam warna, bau dan konsistensi urine dapat memberikan petunjuk penting tentang kondisi tubuh.

Sebelum disiram, ada baiknya Fenomen mencermati apa warna urine Fenomen saat itu. Apakah terjadi perubahan warna urine? Karena kondisi kesehatan Fenomen bisa diketahui dari warna urine, baik itu gaya hidup, pola makan maupun adanya penyakit di dalam tubuh.

Seperti apa warna urine Fenomen dan artinya? Cek di bawah ini, seperti dikutip dari Self, Selasa (14/2/2017).

  1. Jernih dan Tidak Berwarna

Jika urine Fenomen berwarna seperti air putih, jernih dan tidak berwarna, artinya asupan cairan Fenomen sudah cukup bagus dan fungsi ginjal terbilang bagus.

  1. Kuning Terang

Warna urine kuning terang masih terbilang normal. Pada keadaan tersebut, Fenomen pun sudah cukup minum air. Namun, tetap jaga asupan cairan Fenomen minimal 6-8 gelas per hari.

  1. Keruh

Jika warna urine Fenomen sedikit keruh, maka ada indikasi terjadinya infeksi kandung kemih. Warna yang keruh disebabkan oleh lendir, jaringan dan protein yang terpecah dan tercampur saat air seni keluar.

  1. Kuning

Warna urine kuning seperti lemon, tandanya Fenomen mengalami sedikit dehidrasi. Mungkin Fenomen kurang asupan cairan, cobalah untuk menambah frekuensi minum air putih.

Baca juga:   Makanan Untuk Penambah Kejantanan Pria Dewasa
  1. Kuning Tua

Jika air seni berwarna kuning tua seperti jus apel, maka Fenomen perlu minum cairan lebih banyak lagi. Bisa juga karena Fenomen mengonsumsi suplemen vitamin B berkonsentrasi tinggi.

  1. Oranye

Warna urine oranye menandakan bahwa Fenomen sudah dehidrasi akut dan perlu minum air segera. Urine yang berwarna oranye juga bisa merupakan tanda kadar bilirubin yang tinggi di dalam tubuh. Bilirubin merupakan pigmen berwarna kuning yang dihasilkan dari perombakan sel darah merah yang sudah lama. Bilirubin disaring dari darah oleh hati dan dikeluarkan lewat cairan empedu. Jika biliburin terlalu banyak di dalam darah, mengindikasikan ada gangguan pada liver Anda.

  1. Pink Muda

Warna rona pink muda pada urine kemungkinan disebabkan karena Fenomen memakan banyak buah bit di malam harinya. Namun bisa juga akibat adanya darah padah urine. Jika urine Fenomen masih dominan warna kuning muda daripada pink, maka tidak perlu khawatir. Namun ada baiknya tetap memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui lebih dini apakah ada infeksi kandung kemih atau saluran kencing.

  1. Pink Tua

Jika urine Fenomen berwarna pink tua. kemungkinan kandungan darah pada urine Anda lebih banyak. Bisa menjadi sinyal adanya infeksi kandung kemih atau kanker. Batu ginjal juga bisa jadi penyebab adanya darah dalam urine. Jika ini yang terjadi, segera periksakan ke dokter.

  1. Cokelat

Beberapa jenis obat bisa menyebabkan urine berwarna seperti minuman cola. Namun, jika Fenomen sedang tidak mengonsumsi obat tertentu dan urine tetap berwarna cokelat, kemungkinan ada masalah pada liver, ginjal atau akibat berolahraga terlalu keras. Otot Anda menggunakan myoglobin untuk menangkap oksigen sebagai energi.

Jika Fenomen olahraga terlalu keras, otot-otot tertentu bisa rusak, myoglobin masuk ke aliran darah dan tercampur dengan urine. Sebaiknya periksa juga kondisi ini ke dokter karena terlalu banyak myoglobin di dalam darah bisa mengganggu fungsi kerja ginjal dan menyebabkan kegagalan ginjal. (fmz/pm

Baca juga:   Ini Alasannya Jika Memotong Kapalan di Tangan
Comments
Loading...