Fenomagz
Unleash the Wild Side

Yuk, Deteksi Kesehatan Fenomen Lewat Keringat Yang Dikeluarkan

0

Keringat yang Fenomen keluarkan bisa menjadi pertanda tentang masalah kesehatan yang sedang dialami

 

FENOMAGZ  Berkeringat bisa menjadi salah satu tanda bahwa Fenomen adalah orang yang aktif dan banyak bergerak. Namun, tahukah Fenomen bahwa keringat yang dikeluarkan bisa menjadi pertanda tentang masalah kesehatan yang sedang dialami?

Profesor Ali Javey, Ph.D dari University of California Amerika menuturkan bahwa kucuran keringat yang dikeluarkan kaya akan informasi tentang apa saja yang terjadi di dalam tubuh. Hal itu bisa diketahui dengan banyaknya substansi berbeda mulai dari ion elektrolit hingga molekul protein.

Berikut adalah permasalahan kesehatan yang mungkin terjadi dilihat dari keringat yang Anda keluarkan.

  1. Jika Keringat Anda Sangat Bau

bau keringat

Dilansir dari Women’s Health, (26/2/2017), keringat yang dikeluarkan saat berolahraga di gym dan keringat yang dikeluarkan saat Anda berada di dalam situasi tertekan tentunya sangat berbeda. Saat berolahraga, keringat Anda tidak beraroma. Berbeda ketika Anda sedang berada di situasi tertekan, keringat menjadi bau dan mengakibatkan Anda menjadi stres.

Hal itu terjadi karena kedua keringat tersebut diproduksi oleh kelenjar keringat yang berbeda. Saat tubuh merasa panas karena berolaharga, keringat diproduksi oleh kelenjar eksokrin yang terdapat di seluruh tubuh dan memproduksi keringat berupa air dan garam. Sementara itu, keringat yang menyebabkan stres berasal dari kelenjar apokrin yang sebagian besar berada di area ketiak dan memproduksi keringat bercampur dengan lemak, protein, dan bakteri.

  1. Jika Anda Berkeringat Sangat Banyak

Umumnya, semakin sehat tubuh seseorang semakin sering ia berkeringat. Sebuah studi yang dilakukan di Jepang pada 2010 menemukan bahwa orang yang bugar tidak hanya berkeringat dalam jumlah banyak, tetapi mereka juga berkeringat lebih cepat.

Jika telapak tangan Anda berkeringat ketika Anda tidak gugup atau tidak sedang berolahraga, mungkin saja Anda memiliki suatu kondisi yang bernama hyperhidrosis atau keringat berlebih. Bila hal ini terjadi pada Anda, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

  1. Jika Anda Tidak Berkeringat Sama Sekali

Pernahkah Anda merasa tidak berkeringat banyak atau sama sekali tidak berkeringat saat melakukan gerakan Pilates? Jika iya, hal tersebut adalah suatu pertanda Anda memiliki Anhidrosis, yakni suatu kondisi medis yang didefinisikan oleh ketidakmampuan diri untuk berkeringat normal dan dapat mempengaruhi seluruh tubuh atau hanya daerah-daerah tertentu.

Anhidrosis juga bisa didapatkan dari kondisi genetik. Namun, ada juga faktor-faktor lain yang mempengaruhinya, seperti kondisi trauma pada kulit. Jika tubuh Anda tidak dapat berkeringat, Anda tidak bisa mengukur suhu tubuh Anda sendiri dan hal itu bisa  membahayakan kesehatan Anda.

  1. Jika Keringat Anda Terasa ‘Asin’

Apabila mata Anda terasa perih saat terkena keringat, hal ini berarti tubuh Anda memiliki keseimbangan air yang cukup tetapi kurang asupan sodium yang menyebabkan keringat terasa asin. Padahal, sodium merupakan unsur penting untuk menjaga agar Anda tetap terhidrasi.

Terutama bagi seorang pelari marathon yang akan bertanding, adalah penting untuk mengetahui kadar sodium dan potasium di dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan salah satu dari dua nutrisi ini, hal itu juga menandakan bahwa tubuh kekurangan gizi yang cukup serius. (fmz/pm)

Baca juga:   Ingin Tubuhmu Jadi Langsing? Coba Makan Pisang setiap Hari
Comments
Loading...