advertisement

3 Bahaya Akibat Paparan Cahaya Biru dari Layar Gadget

Berikut 3 bahaya akibat paparan dari cahaya biru

judi

FENOMAGZ – Dalam ilmu kesehatan mata, blue light atau sinar biru digolongkan sebagai high-energy visible light (HEV light), yaitu sinar tampak dengan panjang gelombang pendek, sekitar 415 hingga 455 nm, dan tingkat energi yang tinggi. Sumber alami yang terbesar dari jenis sinar ini adalah matahari.

Selain matahari, sinar biru juga berasal dari berbagai layar digital, seperti layar komputer, televisi, maupun smartphone dan peralatan elektronik lainnya untuk meningkatkan keterangan dan kejelasan layar. Beberapa jenis pencahayaan modern, seperti lampu LED (light-emitting diode) dan CFL (compact fluorescent lamps), juga mengemisikan sinar biru dalam level yang tinggi.

Berikut 3 bahaya akibat paparan dari cahaya biru:

Mengganggu ritme sirkadian

Paparan sinar biru yang berlebihan pada malam hari bisa menyebabkan penurunan dalam produksi hormon melatonin, yaitu yang mengatur siklus tidur seseorang. Secara normal, tubuh memproduksi hormon melatonin dalam jumlah yang sedikit pada siang hari, kemudian akan bertambah jumlahnya pada malam hari, beberapa jam sebelum tidur, dan mencapai puncaknya pada tengah malam.

Baca juga: 4 Kelebihan Ini Hanya Dimiliki Wanita Dengan Payudara Kecil

Terlalu banyak terkena paparan sinar, terutama sinar biru, pada malam hari mengakibatkan mundurnya jadwal tidur orang tersebut pada jangka waktu yang panjang.

Menyebabkan kerusakan retina

Seperti sinar tampak lainnya, sinar biru bisa masuk kedalam mata. Tapi, mata manusia tidak mempunyai proteksi yang cukup dari paparan sinar biru, baik yang berasal dari sinar matahari maupun peralatan elekronik.

Sebuah tudi dari Harvard menyatakan bahwa sinar biru telah mengidentifikasi sebagai sinar yang paling berbahaya bagi retina. Setelah menembus bagian luar mata, sinar biru akan mencapai bagian terdalam mata, yaitu retina, dan bisa menimbulkan efek jangka panjang berupa kerusakan pada retina.

Pada paparan sinar biru yang berlebih, risiko seseorang untuk  terkena degenerasi makula, glukoma, dan penyakit retina degeneratif.

Menyebabkan kelelalah pada mata

Seiring dengan perkembangan jaman, kebanyakan orang menghabiskan waktu didepan layar digital, mulai dari layar komputer ditempat kerja, telepon genggam pribadi, hingga layar televisi. Kegiatan-kegiatan ini menyebabkan suatu kondisi kelelahan mata yang dikenal sebagai digital eyestrain, suatu kondisi medis yang bisa mempengaruhi produktivitas seseorang. (fmz/bb)

Comments
Loading...