advertisement

3 Cara Jitu Untuk Meningkatkan Konsentrasi Ketika Sedang Bekerja

Berikut 3 cara jitu tingkatkan konsentrasi saat bekerja

judi

FENOMAGZ – Mengerjakan sesuatu yang kompleks, entah itu sebuah proyek kantor atau tugas akhir di kampus, butuh tingkat konsentrasi yang sangat tinggi. Tapi tidak jarang pikiran dapat buyar seketika ketika teralihkan barang sebentar saja oleh grup chat yang tiba-tiba ramai bergosip, atau iseng mengusir kebosanan dengan scroll timeline FB/Twitter yang berlanjut hingga berjam-jam.

Akibatnya, pekerjaan yang seharusnya bisa selesai tepat waktu, jadi tertunda dan dibawa lembur. Jangan jadikan menunda sebuah pekerjaan sebagai sesuatu kebiasaan.

Berikut 3 cara jitu tingkatkan konsentrasi saat bekerja:

Ketahui hal apa yang sering membuat Anda tidak fokus

Sebelum mulai berupaya meningkatkan konsentrasi bekerja, ada baiknya Anda cari tahu dulu hal apa yang membuat Anda suka sulit fokus.

Baca juga: 4 Mitos Menyesatkan Tentang Seks Di Usia 40 Tahun Ke Atas

Misalnya, Anda suka tidak tahan untuk menonton video lucu di Youtube atau ngintip timeline Twitter selama jam kerja hanya kerena tak mau ketinggalan info terbaru. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menginstall extension atau aplikasi khusus untuk memblokir situs-situs pilihan Anda dalam jangka waktu tertentu, yang dapat Anda tentukan sendiri.

Coba menyendiri                                                                                              

Salah satu trik meningkatkan konsentrasi dan cara fokus bekerja adalah dengan menyendiri, bertujuan untuk menghindari dan mengabaikan gangguan di sekitar. Anda bisa mengerjakan tugas di perpustakaan, kamar, atau lokasi lain yang dapat mencegah konsentrasi Anda buyar. Atau, pasangan headset dengan musik favorit sebagai pertanda bagi orang sekitar bahwa Anda tidak bisa dan tidak ingin di ganggu.

Pikirkan masa kini, bukan masa lalu atau masa depan sekalipun

Konsentrasi dan cara fokus bekerja bisa menurun ketika Anda malah merenungkan kesalahan di masa lalu atau mengkhawatirkan gol proyek di masa depan, atau bahkan membayangkan hal-hal lain yang belum tentu akan terjadi. Ada baiknya Anda fokus dengan saat ini. latih pikiran untuk terus menerus memikirkan apa yang ada di depan Anda dan butuh untuk di selesaikan. Jika itu sudah di selesaikan, barulah Anda bisa memikirkan hal lainnya. (fmz/bb)

Comments
Loading...