advertisement

3 Hal yang Harus Anda Lakukan Jika Melihat Pelecehan Seksual di Jalan

Berikut 3 hal yang harus Anda lakukan jika melihat pelecehan seksual di jalan

judi

FENOMAGZ – Sebelum Anda memutuskan apa tindakan Anda ketika menyaksikan pelecehan seksual di jalan, hal paling utama dan pertama yang harus Anda lakukan adalah perhatikan situasi sekitar. Perhatikan apakah situasi di sekitar tempat kejadian perkara itu aman. Lihat, apakah pelaku bertindak sendirian atau ada banyak orang lain yang mengerubunginya (modus berkelompok). Perhatikan juga apakah pelaku membawa senjata tajam. Jangan sampai niat baik Anda justru menjadi bumerang bagi diri Anda sendiri, korban, atau orang lain di sekitar Anda.

Baca juga: 5 Jenis Kelainan Seksual Yang Harus Anda Ketahui

Dari sini, Anda bisa memutuskan apa tindakan selanjutnya. Pastikan juga Anda memiliki keberanian serta kekuatan yang cukup untuk menolong korban. Berikut 3 hal yang harus Anda lakukan jika melihat pelecehan seksual di jalan:

Tegur langsung si pelaku

Jika Anda merasa situasi dan kondisi sekitar cukup aman, jangan ragu untuk menghampiri pelaku. Tegur pelaku dengan tegas dan langsung hentikan tindakannya saat itu juga. Katakan kepada pelaku bahwa tindakan yang ia lakukan tidak benar.

Jika pelaku mengabaikan permintaan lisan Anda untuk berhenti, Anda bisa mengancam akan berteriak atau memanggil bantuan orang sekitar bahkan menghubungi polisi jika pelaku balik mengancam. Namun jika situasi di sekitar dinilai tidak aman, jalan satu-satunya adalah segera cari bantuan dari orang-orang sekitar di tempat kejadian perkara.

Alihkan perhatian

Jika Anda tidak berani untuk langsung menghampiri dan menegur pelaku secara langsung, Anda bisa menghentikan pelecehan seksual yang Anda temui dengan mengalihkan perhatian korban dan pelaku. Alihkan perhatiannya dengan sekadar bertanya tentang cuaca, arah jalan, nama tempat yang ditujukan kepada korban.

Anda juga bisa berpura-pura sebagai kawan lama dari si korban dan menyapanya secara santai, untuk mengalihkan perhatian si pelaku (juga sebagai cara tidak langsung bagi korban untuk tahu bahwa Anda ingin menolongnya). Jika perlu, posisikan tubuh Anda di antara pelaku dan korban, lalu segera ajak korban meninggalkan tempat kejadian.

Catat semua detail

Jika Anda ragu untuk menghadapi langsung si pelaku, dokumentasikan kejadian yang berlangsung menggunakan ponsel atau catat di buku/kertas catat segala detail yang Anda ingat tentang situasi menjelang dan selama tindakan termasuk tersebut, termasuk ciri fisik pelaku. Dokumentasi ini sangat berguna sebagai barang bukti untuk melaporkannya ke pihak berwajib. (fmz/bb)

Comments
Loading...