advertisement

3 Kesalahan yang Mungkin Wanita Sering Lakukan Saat Membersihkan Vagina

Berikut ini 3 kesalahan yang biasanya wanita lakukan saat membersihkan vagina

judi

FENOMAGZ – Bagaimana cara pasangan Anda dalam membersihkan vagina? Saat pasangan Anda mau memulai untuk mandi atau justru setelah pasangan Anda selesai mandi? Pasangan Anda biasanya menggunakan tangan atau dengan alat penggosok tubuh? Atau jangan-jangan selama ini pasangan Anda masih menggunakan cara yang salah untuk membersihkan vaginanya?

Baca juga: 4 Masalah Tidur Yang Diam-Diam Merusak Hubungan Asmara

Berikut ini 3 kesalahan yang biasanya wanita lakukan saat membersihkan vagina:

Menggosok terlalu keras

Jika Anda pikir menggosok vagina adalah sebuah keharusan agar vagina Anda bersih dari kuman, dan bakteri, Anda salah besar. Menurut Pari Ghodsi seorang dokter spesialis kandungan dan ginekologi di San Fernando Valley di Northridge Hospital di Los Angeles mengatakan bahwa menggosok vagina tidak diperlukan.

Anda harus ingat bahwa yang sedang Anda bersihkan adalah bagian kulit yang cukup sensitif, jadi cukup basuh dengan lembut agar tidak menyebabkan rasa sakit, iritasi, dan membuat kulit Anda merah serta gatal.

Melakukan douching vagina

Jika Anda belum pernah mendengar istilah ini, itu berarti Anda belum pernah melakukannya dan ini adalah hal yang bagus untuk Anda. Jika suatu hari Anda mengetahui metode untuk membersihkan vagina ini, Anda bisa pertimbangkan untuk melakukannya atau tidak.

Douching adalah membersihkan vagina dengan cairan yang terdiri dari campuran berbagai bahan kimia. Biasanya cairan douching mengandung air, baking soda, cuka, pewangi, dan antiseptik. Cairan tersebut dikemas dalam sebuah douche, yaitu kantong dengan selang atau semprotan yang berfungsi untuk menyemprotkan cairan pada area kewanitaan.

Sebenarnya, Anda tidak perlu repot-repot melakukan douching vagina. Vagina Anda memiliki cara sendiri untuk membersihkan diri dan menangkal bakteri. Menurut Mary Jane Minkin, M.D, seorang profesor di Department of Obstetrics Gynecology and Reproductive Sciences di Yale University School of Medicine mengatakan bahwa douching vagina justru bisa merusak asam basa atau pH vagina dan hal ini meningkatkan risiko vagina untuk terkena infeksi.

Membersihkan area dalam vagina

Banyak wanita yang berusaha untuk membersihkan area luar sekaligus area dalam vaginanya. Padahal area bagian dalam vagina tidak perlu dibersihkan. Bagian dalam organ vital wanita ini, sebenarnya sudah ada mekanisme alami berupa adanya bakteri baik bernama laktobasili yang memang berkembang biak pada dalam organ intim wanita dan membantu menjaga kebersihan bagian dalam wanita.

Karena adanya bakteri baik inilah, Anda tidak perlu membersihkan bagian dalam vagina dan cukup mencuci bagian luar vagina saja. Untuk bagian dalam vagina, Anda hanya perlu sesekali membasuhnya dengan memakai air bersih. (fmz/bb)

Comments
Loading...