3 Manfaat Kesehatan dari Capoeira, Tari Beladiri Asal Negeri Samba

Berikut 3 manfaat capoeira bagi kesehatan

FENOMAGZ – Capoeira adalah sebuah seni bela diri yang mengkombinasikan elemen tari dan akrobatik yang kompleks, serta musik. Capoeira pertama kali dikembangkan oleh para budak Afrika di Brasil pada sekitar tahun 1500-an sebagai latihan pertahanan diri dari penjajah yang di kemas sedemikian rupa menyerupai tarian agar tidak dicurigai.

Tak hanya alur gerakannya yang mengalir indah bak menonton sebuah aksi teatrikal dramatis, capoeira ternyata juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan penggiatnya. Berikut manfaat capoeira untuk kesehatan, yang mungkin bisa menginspirasi Anda untuk mulai mencobanya.

Berikut 3 manfaat capoeira bagi kesehatan:

Mengurangi stres

Koreografi, jika bisa dibilang demikian, dari capoeira hampir selalu ditemani dengan iringan musik upbeat yang membuat Anda bersemangat. Musik irangan capoeira tidak pernah sama antar satu sesi dengan yang lainnya.

Baca juga: 3 Masalah Kesehatan Yang Bisa Ditimbulkan Pelumas Vagina

Setiap mendengarkan musik yang baru, otak Anda akan membentuk struktur kecil baru berdasarkan rangkaian nada yang didengar. Proses tersebut juga membantu kita untuk membentuk pola pikir yang baru.

Itu sebabnya berlatih capoeira dapat menjadi alternatif sehat untuk melepas penat, sekaligus memberikan Anda waktu untuk mengembangkan cara pandang yang baru untuk masalah yang sedang Anda hadapi. Alunan musik juga dapat memicu kerja otak dalam menggali suatu informasi yang diingat oleh seseorang.

Meningkatkan kekuatan tubuh

Gerakan capoeira menitikberatkan pada kombinasi tendangan, jungkir balik, dan lompatan. Biasanya, capoeira dilakukan antar dua orang atau lebih yang saling bersahutan layaknya sedang bertarung untuk menjatuhkan lawannya ke lantai. Tentu untuk melakukan gerakan konstan seperti ini membutuhkan tubuh yang fit. Tak jarang capoeira juga dimulai dengan rentetan pemanasan yang melatih ketahanan dan kelenturan tubuh.

Menimalisir risiko penyakit jantung

Gerakan-gerakan aerobik capoeira mampu mengurangi risiko penyakit jantung karena dapat membakar lemak yang mengeras di dinding pembuluh darah, sehingga meningkatkan kerja pembuluh darah dan mencegah terjadinya penyumbatan (aterosklerosis).

Menurut Arte Capoeira, satu jam Anda melakukan olahraga ini akan membakar sekitar 500 kalori. Tentu ini akan mencegah Anda mengalami kegemukan atau obesitas. Seperi yang telah Anda ketahui, obesitas adalah risiko dari penyakit jantung. (fmz/bb)

Comments
Loading...