advertisement

3 Masalah Gigi yang Paling Sering Terjadi

Berikut 3 masalah gigi yang sering terjadi dan penyebabnya

judi

FENOMAGZ – Masalah gigi sering kali mengganggu aktivitas Anda. Banyaknya masalah gigi yang tidak kerap tidak disadari mungkin membuat Anda terlambat mengobatinya. Masalah gigi yang mungkin sering Anda biarkan saja justru akan membuat semakin parah dan berakibat fatal.

Berikut 3 masalah gigi yang sering terjadi dan penyebabnya:

Gigi berlubang                                                           

Gigi berlubang adalah masalah gigi yang paling sering dialami oleh hampir semua orang sehingga dianggap biasa. Padahal jika gigi berlubang diabaikan hingga parah, akhirnya dapat berakibat fatal alias menyebabkan kematian.

Baca juga: Cara Membersihkan Vagina Pasangan Anda Sehabis Berhubungan Seks

Gigi berlubang disebabkan oleh banyaknya bakteri yang berkembang biak di mulut Anda. Bakteri ini menghasilkan garam yang dapat mengikis lapisan gigi sehingga gigi menjadi berlubang. Semakin dalam pengikisan lapisan gigi terjadi atau semakin dalam gigi berlubang, maka semakin terasa menyakitkan.

Plak gigi

Plak gigi adalah adanya bakteri atau kotoran yang menempel dan hidup di dalam rongga mulut akibat sisa makanan pada gigi. Jika dibiarkan, plak pada gigi yang semula berwarna kuning akan semakin mengeras dan menghitam, sehingga akan terlihat seperti batu karang yang menempel pada gigi.

Beberapa kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan bisa jadi penyebab munculnya plak pada gigi Anda. Kebiasaan tersebut diantaranya adalah jarang menggosok gigi, terlalu sering konsumsi makanan manis, jarang makan sayuran dan buah, dan jarang kontrol ke dokter gigi untuk memeriksa kesehatan gigi secara rutin.

Gingivitis

Gingivitis atau radang gusi adalah inflamasi atau peradangan yang terjadi pada gusi. Gejal-gejala dari kondisi ini meliputi:

  • Gusi yang bengkak
  • Perubahan warna gusi menjadi merah tua
  • Gusi yang rentan mengalami pendarahan, misalnya saat menyikat gigi
  • Bau mulut
  • Gusi yang mengerut

Penyebab utama dari gangivitis adalah kebersihan gigi dan mulut (oral) yang buruk. Kebiasaan kebersihan oral yang baik seperti menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, membersihkan dengan benang gigi setiap hari, dan melakukan pemeriksaan gigi rutin dapat membantu mencegah gingivitis. (fmz/bb)

Comments
Loading...