3 Metode Relaksasi yang Murah Meriah dan Ampuh Usir Stres

Berikut 3 metode relaksasi diri yang terbukti efektif untuk menghilangkan stres

Judi

judi

FENOMAGZ – Padatnya kesibukan sehari-hari, entah itu seputar pekerjaan dikantor, percintaan, atau masalah sekolah, tak ayal dapat membuat stres. Jika tidak di tangani, stres dapat mengancam kesehatan Anda. Stres berat dapat menyebabkan gigi ompong, kebotakan, hingga penyakit fisik dan masalah kejiwaan serius. Salah satu cara menghilangkan stres adalah dengan menenangkan diri lewat metode relaksasi.

Berikut 3 metode relaksasi diri yang terbukti efektif untuk menghilangkan stres:

Latihan pernapasan

Ada bayak penelitian yang menunjukkan manfaat kesehatan dari latihan pernapasan dalam sebagai cara menghilangkan stres yang tepat. Oksigen yang masuk menggantikan karbon dioksida yang keluar saat kita bernapas dalam-dalam membawa segudang manfaat bagi sistem tubuh.

Baca juga: 3 Cara Mengatasi Masalah Ejakulasi Dini

Mengendalikan pernapasan dilaporkan bisa memperlambat detak jantung dan menurunkan atau menstabilkan tekanan darah. Hal ini telah dikaitkan dengan tingkat stres yang lebih rendah.

Meditasi

Meditasi adalah cara relaksasi yang sudah dipercaya selama berabad-abad untuk membuat seseorang merasa lebih relaks dan segar. Manfaatnya sebagai carea menghilangkan stres yang efektif pu telah terbukti.

Meditasi yang benar adalah bukan mengosongkan pikiran, tetapi lebih kepada memfokuskan pikiran pada latihan pernapasan seperti di atas. Selama meditasi Anda juga harus menghitung interval pernapasan, kapan Anda harus menghirup udara, kapan harus menahan napas, dan kapan harus menghembuskan napas. Anda juga bisa mengatur sendiri berapa lama waktu Anda bermeditasi, misalnya lima hingga sepuluh menit sampai tubuh dan pikiran rileks dengan sendirinya.

Tertawa

Tertawa adalah cara menghilangkan stress yang alami. Pasalnya, tertawa bermanfaat untuk melepaskan ketegangan pada tubuh dan membuat pikiran Anda lebih plong.

Tertawa dapat mengurangi pelepasan hormon kortisol dan adrenalin, dua hormon pemicu stres, dan menggantinya dengan hormon endorfin yang membuat Anda bahagia. Tertawa juga dapat melatih diafragma, kontraksi perut hingga bahu. Setelah melakukannya, Anda akan merasa bagian-bagian tersebut menegang kemudia menjadi rileks. (fmz/bb)

Comments
Loading...