advertisement

4 Alasan Mengapa Orang Lebih Mudah Mengantuk Saat Depresi

Berikut ini 4 alasan mengapa orang lebih gampang ngantuk saat depresi

judi

FENOMAGZ – Ketika menghadapi saat-saat sulit atau sedih, apakah Anda selalu merasa ingin cepat tidur? Atau ketika selesai menangis, Anda selalu merasa mengantuk? Anda tak sendiri. Hal ini terjadi pada banyak orang dan bisa dijelaskan secara ilmiah.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Harus Liburan Ke Makau

Mengantuk adalah salah satu gejala depresi yang mudah diketahui. Orang yang mengalami depresi memang lebih banyak tidur dibanding orang yang tak depresi. Lantas, apa penyebabnya?

Berikut ini 4 alasan mengapa orang lebih gampang ngantuk saat depresi:

Depresi membuat orang ingin melarikan diri

Ketika mengalami saat yang buruk dan depresi, seseorang ingin melarikan diri dari kenyataan yang ada. Tidur adalah salah satu cara mereka bisa melepaskan rasa sakit, sedih, dan semua masalah yang ada. Karena pikiran mereka tak mampu mengatasi kenyataan yang ada, tidur menjadi cara mudah untuk menghindari kenyataan. Sayangnya tidur tak bisa mengobati depresi karena ketika bangun Anda masih akan merasa sakit.

Depresi menyebabkan kelelahan

Meski depresi berpengaruh pada mental, namun hal ini juga bisa memberi efek pda fisik, yaitu menyebabkan kelelahan. Orang yang mengalami depresi lebih mudah mengalami kelelahan. Mata, punggung, dan kaki mereka seolah tak berenergi. Stres mental membuat mereka tak aktif secara fisik. Pada akhirnya hal ini juga bisa berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh dan membuat mereka lebih rentan terkena penyakit atau infeksi.

Masalah tidur

Penelitian terbaru mengungkap bahwa orang yang mengalami depresi seringkali memiliki masalah tidur. Dua jenis masalah tidur yang sering dialami orang yang depresi adalah insomnia dan tidur secara berlebihan. Jika mengalami insomnia, mereka akan merasa lelah dan mengantuk di siang hari. Sementara ketika mengalami terlalu banyak tidur, mereka juga cenderung akan lesu selama seharian.

Mempengaruhi fungsi otak

Otak bertugas untuk mengatur fungsi tubuh, termasuk mood dan jam tidur. Depresi bisa mempengaruhi fungsi otak dan mengacaukan produksi serotonin serta zat kimia lainnya. Hal ini menyebabkan seseorang mudah merasa ngantuk dan memiliki mood yang labil. (fmz/bb)

Comments
Loading...