4 Fakta Unik Mengenai Mulut Manusia

Berikut ini 4 fakta unik tentang mulut Anda

FENOMAGZ – Mulut adalah suatu rongga terbuka tempat masuknya makanan dan air. Mulut biasanya terletak dikepala dan umumnya merupakan bagian awal dari sistem pencernaan lengkap yang berakhir di anus. Mulut sendiri terdiri dari gigi dan lidah. Penasaran apa saja fakta menarik mengenai mulut manusia selain menjadi tempat Anda mengeluarkan kata-kata.

Baca juga: Mengenal Bahaya Yang Akan Timbul Akibat Letusan Gunung Berapi

Berikut ini 4 fakta unik tentang mulut Anda:

Ludah mampu melindungi Anda dari dehidrasi

Ludah adalah zat berbahan air yang kental dan melapisi seluruh bagian mulut serta memiliki beberapa fungsi lainnya. Ludah utamanya dirancang untuk melindungi organ-organ dalam mulut dari bahaya dehidrasi sekaligus membantu pencernaan.

Fungsi pencernaan dijalankan menggunakan suatu enzim bernama amilase yang membantu meluruh karbohidrat. Karbohidrat sendiri merupakan unsur kimia dalam tubuh manusia yang ternyata terdapat juga dalam beberapa bagian tubuh kita.

Gigi terbuat dari bahan terkuat pada tubuh

Gigi terbuat dari bahan enamel, yang merupakan zat terkuat dalam tubuh dan bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu zat terkuat diplanet ini. jadi jangan heran kalau kebanyakan peralatan dokter gigi tampak seperti perkakas canggih berdaya tinggi, karena memang harus berurusan dengan benda yang sangat kuat.

Lidah dilapisi ribuan bintik pengecap

Lidah manusia dilapisi ribuan bintik pengecap. Secara rata-rata, seseorang yang dewasa memiliki lebih dari 10.000 bintik pengecap melapisi permukaan atas lidahnya. Secara moikroskopis, bintik-bintik ini lebih mirip seperti jamur dengan ujung-ujung syaraf mengumpul dipuncaknya.

Secara virtual, mulut bersatu dengan mata dan hidung

Sebenarnya, mulut manusia terhubung dengan hidung dan dua mata. Namun demikian, jangan membayangkan bahwa Anda bisa begitu saja menggelindingkan gundu dari satu rongga ke rongga lainnya.

Secara lebih tepat, mulut, hidung, dan mata sama-sama berbagi beberapa rangkaian rumit kelenjar, saluran, dan bukaan. Semuanya bermuara ke dua sistem utama, yaitu sistem pencernaan yang menuju kelambung, dan sistem pernafasan yang mengarah ke tenggorokan. (fmz/bb)

Comments
Loading...