advertisement

4 Fakta Unik Tentang Tubuh Manusia yang Akan Mengejutkan Anda

Berikut 4 fakta unik tentang tubuh manusia

judi

FENOMAGZ – Tubuh manusia adalah hal yang menakjubkan. Ada begitu banyak fakta yang tersembunyi didalamnya. Salah satu contohnya adalah otak manusia yang sudah terbukti lebih canggih dibandingkan dengan jenis komputer mana pun termasuk laptop Anda yang berlambang buah tergigit. Selain itu, tubuh manusia juga mampu bertahan dalam kondisi apapun.

Berikut 4 fakta unik tentang tubuh manusia:

Bibir semakin lama semakin tipis

Bibir akan semakin lama akan semakin tipis seiring berjalannya usia. Mengapa hal ini bisa terjadi? Bentuk bibir Anda yang indah dipengaruhi oleh kolagen. Sayangnya, seiring bertambahnya usia, kolagen manusia akan berkurang. Oleh karena itu, kulit bibir juga butuh dirawat agar tetap indah hingga usia tua.

Baca juga: Kehilangan Nafsu Seks Pada Pasangan? Normal Atau Tidak?

Berat badan Anda mempengaruhi volume darah

Saat mengalir, sel darah mampu menyelesaikan perjalanan kurang dari 30 detik untuk mengaliri darah secara merata dipembuluh darah yang memiliki panjang puluhan ribu kilometer. Setelah itu, darah kembali ke jantung untuk dipompa lagi hingga melewati paru-paru.

Volume darah orang dewasa diperkirakan sekitar 7 persen dari berat badan. Misalnya, seorang manusia dengan berat badan antara 68-81 kg memiliki 4,5-5,6 liter darah. Sementara itu, anak dengan berat badan sekitar 36 kg memiliki setengah volume darah orang dewasa.

Paru-paru adalah satu-satunya organ yang dapat mengapung diatas air

Setiap paru-paru manusia mengandung sekitar 300 juta struktur seperti balon yang dikenal sebagai alveoli ini menggantikan karbondioksida dalam darah dengan oksigen. Ketika alveoli dipenuhi dengan udara, paru-paru Anda dapat mengapung di atas air.

Telinga tidak mendengar apapun saat tidur

Jika Anda tidak bisa mendengar suara apapun saat tidur, hal ini adalah akibat dari otak Anda sedang beristirahat. Otak menutup kemampuan telinga untuk mendengar. Jadi, hal yang wajar jika Anda lebih mudah dibangunkan dengan disentuh ketimbang dengan suara. Terkecuali suara yang sangat keras sehingga membuat respon kaget. (fmz/bb)

Comments
Loading...