4 Hal Ini Terjadi Di Otak Saat Orgasme

ucap Dr. Cynthia L. Dougherty, seorang neuropsikolog dari Amerika Serikat

Fenomagz – Saat orgasme, perasaan senang meluap. Namun, ada banyak hal yang terjadi di otak saat seseorang mencapai puncak kenikmatan bercinta.

“Soal pengaruh orgasme pada otak, banyak dari ilmu seks yang masih perlu dieksplorasi,” ucap Dr. Cynthia L. Dougherty, seorang neuropsikolog dari Amerika Serikat.

Ini empat hal yang terjadi di otak ketika orgasme:

1. Membangunkan emosi

“(Orgasme) mengirim sinyal ke sistem limbik otak dan membangunkan pusat emosi. Limbik adalah jaringan saraf yang mengendalikan naluri dan suasana hati seperti emosi dasar (ketakutan, kesenangan, kemarahan), dan dorongan (kelaparan, seks, kekenyangan).”

2. Aktifnya hipokampus dan amigdala

“Amigdala adalah area yang sangat emosional,” kata dokter yang menulis buku Lost, Found & Rewired tersebut.

“Bagian tersebut bertanggung jawab atas fungsi seksual, rasa takut, dan agresi. Hipokampus bertanggung jawab untuk pembuatan memori jangka panjang, membentuk fantasi seks, dan juga keinginan kita.”

3. Menghambat rasa sakit

Orgasme yang hebat dapat menyamarkan rasa sakit yang timbul.

Anterior cingulate cortex dan insular cortex berfungsi menghambat rasa sakit saat berhubungan seks,” kata Cynthia.

“Contohnya, seorang individu akan merasa tidak sakit saat pasangan memukul saat berhubungan seks, karena menyalanya organ penghambat rasa sakit tersebut. Ini juga yang membuat perasaan senang meningkat ketika berhubungan intim,” tambahnya.

4. Ketegangan otot meningkat

“Otak kecil bertanggung jawab atas fungsi motorik yang terhubung ke saraf besar. Ini menyebabkan ketegangan neuromuskular,” ungkap Dougherty.

Dokter yang berpraktek di Florida, Amerika Serikat tersebut, juga menyatakan bahwa para ilmuwan masih belum 100 persen yakin mengapa manusia mengalami orgasme.

“Ada banyak hipotesis tentang orgasme. Namun, terlepas dari kemampuan untuk orgasme, ini juga dikenal dengan manfaat kesehatannya. Berhubungan seks diketahui memberikan kesehatan dengan meningkatkan aliran darah ke otak.” jelas Dougherty.

Comments
Loading...