4 Hal yang Menyebabkan Jantung Berdebar Saat Terangsang

Berikut ini hal yang menyebabkan jantung berdebar saat terangsang

FENOMAGZ – Orgasme merupakan sebuah lonjakan dari gairah yang dirasakan saat seseorang berada di puncak kenikmatan seksual. Orgasme biasanya terjadi ketika sedang penetrasi, masturbasi, foreplay dan lain sebagainya. Ada beberapa orang yang justru merasakan jantung berdebar dan sesak di dada ketika terangsang.

Baca juga: Benarkah Masturbasi Dengan Pasangan Memiliki Manfaat? Simak Artikel Ini!

Berikut ini hal yang menyebabkan jantung berdebar saat terangsang:

Fibrilsi atrium

Fibrilasi atrium adalah salah satu penyebab jantung berdebar dengan cepat, biasanya terjadi hanya dalam waktu yang cukup singkat. Kondisi ini dapat terjadi setelah seseorang terlalu banyak mengeluarkan tenaga, termasuk setelah berhubungan seksual atau dalam keadaan terangsang.

Menurut dr. Peter Kowey, seorang ahli jantung spesialis ritme jantung di Sidney Kimmel Medical College, Thomas Jefferson University di Philadephia, kondisi ini tidak memengaruhi keintiman saat berhubungan. Ini artinya, kondisi jantung berdebar yang terjadi saat terangsang dinilai aman dan tidak mengandung risiko tertentu untuk kesehatan.

Asma

Asma adalah kondisi saat saluran pernapasan mengalami peradangan dan menjadi sangat sensitif. Penyakit ini membuat saluran pernapasan menyempit dan menghambat udara masuk ke paru. Beberapa orang dengan penyakit asma mengeluhkan bahwa penyakit ini cenderung mengganggu kehidupan seks mereka. Pasalnya, asma dapat menghalangi gairah seksual dan memicu mengi atau bunyi napas ngik-ngik saat berhubungan intim.

Baru-baru ini, sebuah penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan American Thoracic Society di Toronto menemukan bahwa separuh responden mengalami ketidakpuasan bercinta karena asma. Di antara 258 responden yang aktif secara seksual, sebanyak 58 persennya membatasi hubungan seksual akibat penyakit asma.

Ini disebabkan karena napas mereka cenderung menjadi sesak akibat pengerahan tenaga saat berhubungan seksual. Maka tak heran bila sebagian responden mendambakan hubungan seksual tanpa terganggu dengan masalah asma.

Gangguan lambung

Penyakit asam lambung (GERD) adalah gangguan pencernaan kronis yang menyebabkan asam lambung naik ke esofagus, disebut juga refluks asam lambung. Penyakit ini dipicu oleh berbagai faktor, di antaranya konsumsi makanan pedas, terlalu banyak makan, merokok, dan sebagainya.

Faktanya, naiknya asam lambung juga bisa disebabkan karena aktivitas fisik yang terlalu bertenaga, salah satunya adalah berhubungan seksual. Tingginya sensasi rangsangan saat berhubungan seksual dapat menjadi penyebab jantung berdebar dan memicu asam lambung. Inilah yang membuat seseorang mengalami sesak napas sebelum atau selama berhubungan seksual.

Kelelahan

Kelelahan dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti stres, terlalu banyak bekerja, gizi buruk, daya tahan tubuh menurun, dan istirahat yang kurang. Kelelahan fisik maupun psikis dapat menyebabkan jantung berdetak dengan kencang, atau dalam istilah medis disebut sebagai takikardi. Ini terjadi karena jantung mencoba memompa darah dengan lebih cepat untuk mengisi kekosongan energi dalam tubuh.

Menurut University of Illinois Medical Center, stres yang menumpuk adalah salah satu penyebab jantung berdebar pada orang yang kelelahan. Akibatnya, otak mengalirkan darah lebih banyak ke jaringan-jaringan tubuh dengan membawa sel-sel kekebalan tubuh seperti sel darah putih dan makrofag di seluruh tubuh untuk mengatasi kelelahan. (fmz/bb)

Comments
Loading...