advertisement

4 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Varises

berikut adalah fakta-fakta lain tentang varises yang perlu Anda ketahui

judi

FENOMAGZ – Varises adalah pembesaran pembuluh darah di bawah kulit. Pembesaran ini bisa membuat pembuluh darah menggembung dan bisa muncul seperti urat berwarna biru atau merah. Kadang varises juga bisa Anda temukan di paha, betis, atau bagian dalam kaki.

Baca juga: Manfaat Berhubungan Seks Secara Rutin Bagi Kesehatan Tubuh!

Varises biasanya disebabkan oleh katup yang lemah atau kerusakan dalam vena. Selain hal ini, berikut adalah fakta-fakta lain tentang varises yang perlu Anda ketahui:

  • Arteri membawa darah dan oksigen yang dipompa oleh jantung ke seluruh bagian tubuh. Vena membawa darah tersebut kembali ke jantung. Vena mampu mencegah darah tersebut turun lagi sebab memiliki katup. Namun ketika katup tersebut melemah, maka darah Anda berkumpul dan membuat pembuluh darah menjadi lebih besar. Inilah yang kemudian disebut dengan varises.
  • Melemahnya katup pembuluh darah bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari riwayat kesehatan keluarga, perubahan hormon pada wanita selama masa pubertas, kehamilan, dan menopause. Mengonsumsi pil KB dan obat-obatan lainnya yang memiliki dosis tinggi estrogen dan progesteron juga dapat menyebabkan varises.
  • Kelebihan berat badan mampu menambah tekanan pada katup darah Anda. Sirkulasi darah Anda menjadi tidak lancar dan mampu menyebabkan varises.
  • Jika Anda memiliki kulit yang tipis dan sensitif, banyak paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan varises. (fmz/bb)
Comments
Loading...