advertisement

5 Bukti Bahwa Kolesterol Tidak selamanya Jahat Untuk Tubuh

Berikut ini 5 bukti bahwa kolesterol tidak selamanya jahat

judi

FENOMAGZ – Kolesterol selama ini sering dianggap sebagai biang keladi munculnya berbagai macam penyakit dalam tubuh. Sebab saat kolesterol masuk ke dalam aliran darah Anda, maka aliran darah menjadi tidak lancar dan berakhir dengan menurunnya kesehatan jantung yang memegang peranan vital untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: Terlihat Menyembuhkan, 5 Obat Ini Justru Membuat “Mr.P” Anda Tertidur Lelap

Berikut ini 5 bukti bahwa kolesterol tidak selamanya jahat:

Memproduksi hormon

Kolesterol baik digunakan untuk memproduksi beberapa hormon dlam tubuh seperti hormon steroid termasuk kortisol yang membantu dalam mengatur kadar gula darah dan mencegah tubuh dari serangan infeksi. Selai itu kolesterol juga dapat membantu perkembangan dan fungsi hormon estrogen, progesteron, dan testosteron.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kolesterol juga digunakan untuk membuat empedu, cairan kehijauan yang diproduksi oleh hati dan disimpan di kantong empedu. Tubuh membutuhkan empedu untuk mencerna makanan yang mengandung lemak.

Sehingga saat makanan yang tinggi akan lemak bisa dicerna dengan baik, maka kesehatan pencernaan Anda bisa terjaga. Tubuh juga perlu empedu untuk menyerap vitamin A, D, E, dan K, vitamin yang larut dalam lemak, yang berasal dari makanan atau suplemen.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kolesterol sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar berfungsi dengan baik. Hal ini disebabkan karena sel-sel kekebalan tubuh sangat bergantung pada kolesterol untuk melawan infeksi.

Bersifat antioksidan

Tahukah Anda bahwa kolesterol bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh dan membantu menyembuhkan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas? Luka di tubuh mengandung banyak radikal bebas karena sel-sel kekebalan tubuh menggunakan molekul-molekul yang sangat reaktif untuk menghancurkan mikroba dan racun. Namun radikal bebas yang berlebih harus segera dinetralkan dan kolesterollah yang menyelesaikan tugas ini.

Meningkatkan sistem metabolisme tubuh

Kolesterol merupakan komponen struktural sel dan bersama dengan lipid polar membentuk struktur setiap sel dalam tubuh kita. Dengan kata lain, kolesterol memberikan perlindungan pada setiap sel tubuh Anda yang juga berdampak pada peningkatan sistem metabolisme dan penghasil energi. (fmz/bb)

Comments
Loading...