advertisement

5 Cara Bijak Menyikapi Berita Hoaks dan Negatif Agar Tidak Stres

Berikut ini yang dapat dilakukan untuk menyikapi berita hoaks

judi

FENOMAGZ – Pembuhan, penganiayaan, korupsi, dan isu-isu negatif lainnya yang bikin stres mungkin sudah jadi makanan Anda sehari-hari. Menyikapi berita hoaks dan negatif di media sosial, juga koran dan TV, memang butuh dicerna dahulu baik-baik. Bagi orang yang hobi menelan isi berita mentah-mentah tanpa disaring bisa menjadi bumeran untuk dirinya.

Baca juga: Efek Main Video Game Pada Performa Seksual Pria

Salah-salah, bisa membuat kesehatan mental, cara pandang, dan pola pikir jadi rusak. Lalu adakah cara untuk menyikapi berita hoaks atau negatif yang beredar agar tidak merusak pikiran dan menyebabkan stres.

Berikut ini yang dapat dilakukan untuk menyikapi berita hoaks:

Perhatikan dulu kondisi emosional Anda saat membaca berita

Selain untuk meraup keuntungan, berita-berita tertentu kerap digunakan sebagai kendaraan untuk mengubah pikiran dan persepsi Anda terhadap berita yang disiarkan. Sebetulnya, ada cara untuk menyikapi berita hoaks dan negatif agar tidak mempengaruhi diri. Begini, awalnya coba amati kebiasaan Anda untuk mendapatkan informasi.

Batasi waktu untuk mengakses berita

Membaca berita tentu sangat penting, tapi jangan samapi Anda jadi terobsesi dan merasa harus selalu update soal dunia luar. Anda harus bisa membatasi diri untuk mengakses informasi-informasi yang sifatnya cenderung negatif atau bahkan hoaks.

Imbangi dengan hal-hal yang positif dalam hidup

Setelah melihat berita negatif di sana-sini, imbangi dengan hal-hal atau lingkungan yang besifat positif dan menghibur. Misalnya dengan bercengkerama dengan sahabat dan keluar (tapi jangan membicarakan hal-hal yang negatif secara non-stop), menekuni hobi Anda, berolahraga, dan jalan-jalan ke tempat yang menyenangkan .

Saring sumber beritanya dengan baik

Media sosial telah menjadi sumber koneksi utama berita-berita yang sedang terjadi. Namun, bisa menjadi bumerang juga bagi Anda yang suka menelan mentah-mentah isi informasi media sosial.

Buat perubahan untuk diri Anda sendiri dan sekitar

Kadang masyarakat hanya bisa mengeluh dan menuntut, tanpa membuat perubahan lebih baik yang berasal dari dirinya sendiri. Bagi Anda yang sudah muak dengan berita-berita negatif di media, hal ini bisa jadi salah satu momen tepat untuk membuat perubahan. (fmz/bb)

Comments
Loading...