advertisement

5 Cara Mengolah Singkong Agar Aman Dikonsumsi

Berikut ini beberapa cara mengolah singkong agar lebih aman dikonsumsi

judi

FENOMAGZ – Mayarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan singkong. Bahkan, di beberapa daerah di Indonesia, singkong dijadikan sebagai makanan pokok. Namun, tahukah Anda jika terlalu banyak makan singkong akan meningkatkan risiko keracunan sianida? Mengapa bisa seperti itu?

Meski terdapat beberapa risiko makan singkong, terutama yang masih mentah dan yang di tanam di daerah industri, bukan berarti singkong itu tidak aman. Singkong adalah sumber karbohidrat yang padat nutrisi dan tetap di anjurkan untuk di konsumsi.

Baca juga: Sebelum Bercinta, Lebih Baik Mengkonsumsi Kopi Terlebih Dahulu

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, pada umumnya singkong aman untuk di konsumsi, asalkan di olah dengan cara yang tepat dan di konsumsi dalam jumlah yang sedang.

Berikut ini beberapa cara mengolah singkong agar lebih aman dikonsumsi:

Kupas kulitnya

Langkah pertama yang harus di ambil adalah mengupas kulit singkong secara keseluruhan, karena sebagian besar senyawa penghasil sianida terkandung di kulit singkong.

Rendam

Rendam singkong dalam air selama 48-60 jam (2 sampai 3 hari) sebelum di masak dan di makan. Ini di lakukan untuk mengurangi jumlah bahan kimia berbahaya yang di kandungnya.

Masak sampai matang

Karena bahan kimia berbahaya ditemukan di singkong mentah, sangat penting untuk memasaknya sampai benar-benar matang. Ada berbagai metode memasak yang bisa Anda coba, mulai dari direbus, dipanggang, ataupun dibakar.

Tambahkan protein

Menyajikan olahan singkong dengan beberapa jenis makanan tinggi protein bisa sangat bermanfaat, karena protein membantu membersihkan tubuh dari racun sianida. Sebagai contoh, Anda bisa menambahkan asupan makanan lainnya yang tidak kalah bergizi sesuai dengan kesukaan Anda. (fmz/bb)

Comments
Loading...