5 Fakta Mengejutkan Tentang Otak Manusia yang Belum Kamu Ketahui

Berikut 5 fakta mengejutkan dari otak manusia

FENOMAGZ – Pikiran manusia adalah sebuah misteri. Banyak ilmuwan yang meneliti tentang cara kerja pikiran manusia. Belum juga mengetahui tentang banyak hal, para ilmuwan justru lebih dulu terpesona dengan bagaimana otak merangsang pikiran manusia.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Kenapa Kamu Harus Menginap Di Burj Al Arab Dubai

Seluruh tubuh manusia pada dasarnya dikontrol oleh otak. Bahkan hanya jika otak bekerja, manusia bisa mengingat siapa diri Anda dan identitas Anda. Belum lagi multitasking yang sering dilakukan otak. Bukankah itu hal yang sangat menarik?

Berikut 5 fakta mengejutkan dari otak manusia:

Fakta pertama

Anda tentu pernah terbangun dari tidur namun And atidak bisa menggerakkan tangan atau kaki. Seakan semua lemah dan tak berdaya. Beberapa orang menyebutnya dengan tindihan yang disebabkan oleh ulah makhluk gaib. Faktanya itu semua salah.

Fenomena ini menurut ilmiah disebut sebagai Sleep Paralysis, atau kelumpuhan tidur. Ini adalah kondisi yang mana otak masih belum keluar dari mode tidur. Dalam kesempatan langka ini, otak akan rusak sementara dan bisa kembali normal dalam beberapa saat.

Fakta kedua

Fakta kedua adalah tentang rasional dan emosional. Anda mungkin bertanya-tanya mengapa pacar Anda terlalu emosional dan dia mungkin juga akan bertanya mengapa Anda tidak punya hati alias peka. Ini bisa dibaca pula secara ilmiah.

Alasannya adalah mayoritas wanita dilahirkan dengan sistem limbik yang lebih besar di otak. Sistem limbik merupakan ‘in-charge of emotions’. Sedangkan pria terlahir dengan ‘inferor-partial lobe yang lebih besar sehingga membuat para pria mampu berpikir secara rasional.

Fakta ketiga

Berbicara tentang bagaimana otak memproses data, ini ada yang menarik. Pria pada umumnya menggunakan otak kiri mereak untuk memproses informasi. Sementara itu, wanita menggunakan kedua sisi kanan dan kiri ketiak memproses sebuah data.

Mungkin ini juga sebabnya mengapa wanita selalu lebih ribet dengan segala pertimbangan yang terkadang tidak penting. Sedangkan pria langsung to the point. Bisa jadi.

Fakta keempat

Ketika Anda menghirup oksigen, maka secara otomatis Anda akan membawa oksigen ke dalam sistem Anda. Dan hampir 20 persen dari itu digunakan oleh otak.

Fakta kelima

Otak Anda sebenarnya memiliki tiga bagian yang berbeda. Otak belakang mengontrol indera dan koordinasi, otak tengah mengontrol kesadaran dan refleks, sementara otak depan mengontrol rasa, pikiran, emosi, fungsi motorik, dan kelaparan juga. Setiap cedera pada bagian ini dapat mengganggu fungsi otak secara drastis. bahkan mungkin menyebabkan kematian! (fmz/bb)

Comments
Loading...