advertisement

5 Hal Gila yang Bisa Terjadi Saat Tidur

Berikut ini 5 hal gila yang bisa terjadi saat tidur

judi

FENOMAGZ – Tidur adalah salah satu kegiatan rutin yang dilakukan manusia, sekaligus kegiatan yang diperlukan oleh manusia. Bagi banyak orang, tidur bukanlah hal yang sulit dilakukan. Mereka bisa tidur dengan tenang dan nyenyak hingga keesokan harinya. Namun bagi beberapa orang, tidur bisa jadi saat yang tidak menyenangkan.

Baca juga: 5 Fakta Top Tentang Orgasme Wanita

Hal ini berlaku pada orang-orang yang mengalami masalah tidur seperti insomnia, apnea tidur, dan lainnya. Namun selain masalah-masalah tersebut, tak jarang juga ada orang yang mengalami hal-hal tak biasa dalam tidur mereka.

Berikut ini 5 hal gila yang bisa terjadi saat tidur:

Merasa seperti terjatuh

Biasanya ketika tidur, tubuh manusia akan kaku dan tidak bergerak. Namun terkadang seseorang bisa mulai bermimpi sebelum tubuh mereka berada pada mode ‘off’ atau ‘mati’. Ketika mengalami mimpi dan tubuh baru akan masuk ke mode ‘mati’, fenomena seperti jatuh dan terpeleset ini bisa terjadi.

Menurut seorang ahli tidur W. Christopher Winter, M.D, fenomena ini bisa terjadi ketika seseorang terlalu lelah, kurang tidur, atau sedang stres. Ketika mengalami beberapa masalah emosi tersebut, pusat otak biasanya lebih agresif dan mendahului kinerja tubuh. Inilah yang menyebabkan terjadinya fenomena seperti terjatuh atau terpeleset saat baru tidur.

Tak bisa bergerak saat bangun

Banyak yang percaya fenomena ini berkaitan dengan hal-hal mistis seperti sedang diduduki hantu atau yang lainnya. Padahal menurut Dr Winter hal ini sebenarnya tak berkaitan dengan mistis sama sekali. Fenomena ini terjadi ketika semua otot tubuh, termasuk otot yang berkaitan dengan fungsi pernapasan belum sepenuhnya aktif dan masih ;tertidur’ sementara kesadaran seseorang sudah bangun. Ini berkebalikan dengan terjadinya hypnagogic jerk di poin pertama.

Tidur berjalan

Anda pasti sering melihat fenomena orang berjalan sambil tidur. Dalam televisi, terkadang fenomena ini dijadikan bahan lelucon. Padahal sesungguhnya berjalan dalam tidur juga bisa membahayakan. Ketika seseorang tak menyadari apa yang ada di depannya, dia bisa terkena bahaya apapun, mulai dari jatuh, keluar rumah, atau bahkan tertabrak.

Menurut Dr Winter, berjalan sambil tidur terjadi karena tubuh telah terbangun namun otak belum sepenuhnya terbangun. Ini menyebabkan seseorang berjalan saat tidur dengan kesadaran yang hampir tak ada. Hal ini juga yang membuat seseorang yang berjalan sambil tidur tidak mengingat apapun ketika dia berjalan sambil tidur.

Mengigau

Mengigau tentunya bukan hal yang asing bagi banyak orang. Namun tetap saja mengigau adalah fenomena yang unik saat tidur, terutama jika seseorang bisa bicara dengan jelas dan tak hanya mengeluarkan ceracauan. Biasanya fenomena ini terjadi pada satu atau dua jam pertama setelah tidur.

Pada saat tersebut otot tubuh sudah memasuki waktu tidur, namun masih ada otot yang aktif dan memproduksi suara serta gerakan mulut yang menyertai mimpi. Penelitian juga mengungkap bahwa sekitar lima persen orang dewasa memiliki kebiasaan ini.

Mimpi yang berulang

Pernahkah Anda mengalami mimpi yang terus menerus berulang selama beberapa kali? Hal ini bukanlah fenomena biasa. Banyak orang yang menganggap ini merupakan fenomena gaib dan mistis dan berkaitan dengan takdir. Namun sesungguhnya hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah.

Mimpi yang terulang bisa terjadi ketika hal tersebut berkaitan dengan masalah psikologis yang belum tuntas. Misalkan ketika seseorang sangat takut dipecat hingga terbawa mimpi, dia bisa saja memimpikan bahwa dirinya sedang dipecat selama berulang-ulang. Hal ini dilakukan otak hingga Anda siap beranjak dari ketakutan dan mimpi tersebut. (fmz/bb)

Comments
Loading...