advertisement

5 Manfaat Mengejutkan Dari Mendengarkan Musik

Berikut ini 5 manfaat mengejutkan dari mendengarkan musik

Judi

judi

judi

FENOMAGZ – Musik disebut-sebut sebagai bahasa yang universal. Musik tak hanya merupakan bentuk dari seni dan bisa digunakan untuk bersenang-senang, namun juga bisa memberikan berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Musik bisa memberikan efek yang positif pada tubuh, baik secara fisik maupun mental.

Baca juga: 4 Alasan Penting Untuk Melakukan Foreplay

Berikut ini 5 manfaat mengejutkan dari mendengarkan musik:

Musik menurunkan stres

Mendengarkan musik setiap sore hari atau ketika berangka kerja membuat kondisi psikologis seseorang menjadi lebih baik. Berdasarkan penelitian di University of Gothenburg, mendengarkan musik yang disukai setiap hari bisa menurunkan tingkat stres.

Melindungi pendengaran

Selama ini mendengarkan musik dalam volume keras memang diketahui bisa merusak pendengaran. Namun sebuah penelitian pada tahun 2001 yang dimuat dalam Washington Post mengungkap bahwa orang yang sering bermain musik selama hidup mereka memiliki kemampuan mendengar yang lebih baik.

Sama seperti ketika seseorang melatih otot mereka, begitu juga dengan pendengaran yang terlatih untuk mendengarkan musik. Namun tentu saja Anda tetap harus berhati-hati. Jangan mendengarkan musik dalam volume keras, terutama ketika menggunakan headphone.

Meredakan sakit

Penelitian di University of Utah Pain Research Center mengungkap bahwa mendengarkan musik bisa membantu partisipan untuk menurunkan rasa sakit dan nyeri. Ini disebut dengan pengalihan, musik ditengarai bisa membuat partisipan melupakan rasa sakit fisik mereka.

Memperkuat daya ingat

Berdasarkan penelitian dari Hong Kong, musik bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan otak anak-anak. Partisipan yang mengambil kelas musik diketahui memiliki nilai yang lebih baik dalam tes daya ingat dibandingkan partisipan yang tidak mendengarkan musik.

Efeknya sama seperti pijatan

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Depression and Anxiety, terapi musik memiliki efek menenangkan yang sama dengan terapi pijatan. Peneliti menemukan bahwa partisipan yang melakukan terapi pijatan selama lebih dari 12 minggu memiliki tingkat stres yang sama dengan orang yang mendengarkan musik. (fmz/bb)

Comments
Loading...