5 Penyakit yang Membuat Seseorang cepat Gemuk

Berikut ini 5 penyakit yang bisa membuat badan gemuk

Judi

judi

FENOMAGZ – Pada umumnya, pola makan buruk dan minimnya aktivitas fisik adalah dua faktor utama yang membuat badan gemuk. Genetik dan sistem metabolisme tubuh juga ikut berperan dalam menentukan seberapa cepat gemuk tubuh seseorang. Namun, beberapa penyakit atau kondisi medis tertentu ternyata juga bisa membuat badan gemuk tanpa pernah disadari.

Berikut ini 5 penyakit yang bisa membuat badan gemuk:

Hipotiroidisme

Hipotiroidisme dapat membuat badan gemuk karena kelenjar tiroid yang tidak berfungsi semestinya. Kelenjar tiroid merupakan organ kecil berbentuk kupu-kupu yang terletak pada leher bagian bawah. Hormon yang dihasilkan dari kelenjar ini membantu mengatur metabolidsme tubuh.

Baca juga: Benarkah Ada Cara Membesarkan Penis Yang Efektif?

PCOS (Sindrom Ovarium Polikistik)

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) atau yang di indonesiakan menjadi sindrom ovarium polikistik adalah masalah pada keseimbangan hormon wanita. PCOS biasanya menyebabkan pembentukkan kista di indung telurnya, sehingga menyebabkan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh jadi tidak seimbang.

Prolaktinoma

Prolaktinoma adalah kondisi yang ditandai dengan pertumbuhan tumor jinak (non-kanker) pada kelenjar hipofisis di otak. Akibatnya, tubuh jadi memproduksi hormon prolaktin secara berlebihan. Meskipun prolaktinoma tidak menyebabkan kematian, namun penyakit ini dapat mengganggu pengheliatan Anda, menyebabkan masalah kesuburan. Efek lainnya termasuk menambah berat badan.

Cushing syndrome

Sindrom cushing atau juga sering disebut dengan hiperkortisolisme adalah penyakit yang disebabkan oleh hormon kortisol yang berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan berbagai gangguan pada sistem tubuh secara keseluruhan, seperti kadar gula darah yang tidak seimbang atau respon imun yang menurun. Tidak jarang juga sindrom cushing dapat menyebabkan bertambahnya berat badan tanpa disadari, terutama pada area wajah, pungggu bagian atas, leher dan pinggang.

Depresi

Stres dan depresi bisa jadi penyebab yang membuat badan gemuk tiba-tiba. Gejolak emosi negatif yang ditimbulkan dari dua kondisi ini dapat memicu Anda melakukan makan secara berlebihan. Hal ini tentu saja berbahaya karena orang yang mengalami stres biasanya tidak menyadari seberapa banyak makanan yang telah ia makan dan mengakibatkan berat badan naik secara tiba-tiba. (fmz/bb)

Comments
Loading...