5 Tanaman Pengusir Nyamuk Nan Apik yang Bisa Ditanam di Rumah

Berikut ini tanaman-tanaman yang bisa membantu mengusir nyamuk di rumah Anda

FENOMAGZ – Nyamuk memang sering jadi musuh manusia. Tidak hanya gigitannya yang membuat kulit jadi bentol, gatal, dan kemerahan, nyamuk pun juga bisa menimbulkan beragam penyakit, sebut saja DBD (demam berdarah dengue). Dibanding harus menggunakan obat pengusir nyamuk berbahan kimia yang berpotensi memberikan dampak buruk bagi kesehatan, mengapa Anda tidak mencoba alternatif lain untuk menggunakan tanaman pengusir nyamuk dirumah.

Baca juga: Sperma Suami Yang Tidak Sehat Bisa Menyebabkan Pasangan Anda Keguguran

Berikut ini tanaman-tanaman yang bisa membantu mengusir nyamuk di rumah Anda:

Serai wangi

Serai tidak hanya digunakan sebagai penyedap makanan atau minuman saja. Pasalnya, serai juga bisa digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk. Bahkan sejak dulu serai telah digunakan sebagai salah satu tanaman yang paling efektif untuk mengusir nyamuk. Oleh karena itu, tidak heran jika lilin aromaterapi atau lotion anti nyamuk sering menggunakan serai sebagai bahan utamanya.

Bawang putih

Bawang putih sudah lama digunakan untuk mengusir nyamuk. Anda bisa mengiris bawang putih dan menaruhnya di tempat-tempat di mana sirkulasi udara berasal, misalnya jendela dan pintu rumah. Agar tidak terlalu beraroma menyengat Anda bisa menambahkan minyak esensial lavender atau lainnya sesuai dengan selera Anda.

Geranium

Geranium juga diketahui sebagai jenis tumbuhan pengusir nyamuk. Tanaman yang lebih dikenal dengan tapak dara ini mengandung geraniol dan sitronelol. Kandungan tersebut sangat tidak disukai oleh nyamuk karena baunya yang harum saat tertiup angin.

Lemon balm

Sama seperti serai, lemon balm juga mengandung senyawa sitronelal yang ampuh mengusir nyamuk. Aroma jeruk dari daun lemon balm ini juga salah satu wewangian yang tidak disukai nyamuk.

Lavender

Bunga lavender berwarna ungu dan memiliki aroma yang sangat harus. Meski aromanya banyak disukai manusia. Bagi nyamuk aroma lavender merupakan aroma yang paling dihindari. Pasalnya lavender mengandung zat linalool dan  lynalyl asetat, yaitu dua zat yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. (fmz/bb)

Comments
Loading...