5 Tanda Tidak Subur Pada Seorang Pria

Berikut ini 5 tanda tidak subur pada pria yang harus Anda waspadai

FENOMAGZ – Tidak hanya para perempuan yang memiliki tanda tidak subur, ternyata laki-laki juga bisa menjadi alasan mengapa belum juga dianugrahi anak. Biasanya tanda-tanda ketidaksuburan pada para pria tidak akan dengan mudah dikenali sampai Anda mengusahakan kehamilan.

Baca juga: 5 Akibat Jika Terlalu Sering Berhubungan Seks

Berikut ini 5 tanda tidak subur pada pria yang harus Anda waspadai:

Masalah fungsi seksual

Perhatikan jika Anda mengalami masalah pada fungsi seksual seperti hilangnya gairah seksual, kesulitan ereksi dan ejakulasi, dan jumlah sperma sedikit. Masalah-masalah ini bisa jadi pertanda Anda infertil.

Rasa sakit, benjolan, atau pembengkakan pada daerah testis

advertisement

Salah satu gejala infertilitas yang bisa Anda kenali dengan relatif mudah adalah apabila daerah testis terasa sakit, terdapat benjolan, atau membengkak. Bisa jadi Anda mengalami gangguan pada testis yang tentu akan memengaruhi kualitas sperma Anda.

Masalah berat badan

Badan yang terlalu gemuk atau kurus bisa menjadi masalah bagi kesuburan Anda. Ini berarti nutrisi dalam tubuh Anda tidak seimbang sehingga kualitas sperma yang Anda hasilkan bukanlah yang terbaik. Pria dengan terlalu kurus dapat memiliki jumlah sperma yang sedikit dan konsentrasi sperma yang rendah (encer), sedangkan pria yang terlalu gemuk dapat memiliki jumlah sperma yang sedikit dan kadar hormon testosteron yang rendah.

Penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual bisa menjadi salah satu penyebab kesehatan, motilitas, dan jumlah sperma yang kurang ideal. Jika Anda pernah memiliki sejarah terserang penyakit menular seksual, segera dapatkan pengobatan karena penyakit ini masih bisa disembuhkan.

Usia di atas 35 tahun

Jumlah sperma pada pria akan semakin menurun ketika Anda mencapai usia 35 tahun. Ini berarti peluang pembuahan pun akan turut menurun pula. Namun, Anda masih tetap bisa mengusahakan kehamilan. (fmz/bb)

advertisement

Comments
Loading...