advertisement

5 Tanda Wanita yang Tidak Subur

Berikut ini 5 tanda wanita yang tidur subur

judi

FENOMAGZ – Pada wanita, gejela infertilitas yang cukup kentara tentu saja belum memiliki anak setelah mengusahakan dengan dengan maksimal dan rutin. Pertanda lainnya bisa Anda simak tapi perlu di ingat juga bahwa gejela yang muncul bisa berbeda bagi setiap orang tergantung pada penyebab infertilitas.

Baca juga: Ini Dia 4 Cara Mengatasi Sperma Yang Encer

Berikut ini 5 tanda wanita yang tidur subur:

Siklus menstruasi tidak teratur

Hitung dan catat baik-baik siklus menstruasi Anda karena siklus yang tidak teratur bisa menandakan Anda tidak subur. Anda perlu waspada kalau siklus menstruasi Anda terlalu lama (lebih dari 35 hari) atau terlalu cepat (kurang dari 21 hari) dan jika ada beberapa bulan terlewat tanpa haid.

Menstruasi tidak wajar

Selain siklus yang tidak teratur, Anda juga bisa melihat sifat haid Anda. Jika haid Anda jauh lebih deras atau lebih sedikit dari biasanya, Anda memiliki kemungkinan tidak subur. Perhatikan juga apakah saat menstruasi Anda merasakan nyeri yang berlebihan pada punggung, bagian tulang ekor, dan panggul, dan perut.

Keluar cairan seperti susu dari payudara saat tidak menyusui

Bila Anda tidak sedang menyusui tetapi dari payudara keluar cairan kental mirip air susu ibu (ASI) yang berwarna putih, kemungkinan Anda mengalami masalah kelainan hormon yang bisa menyebabkan Anda tidak subur.

Rasa sakit ketika melakukan hubungan seks

Jangan meremehkan rasa sakit yang Anda rasakan ketika melakukan hubungan intim. Hal ini bisa menandakan banyak hal yang berdampak pada kesuburan Anda. Anda bisa jadi menderita penyakit radang panggul, fibroid rahim, atau sindrom ovarium polikistik. Penyakit-penyakit ini berpotensi menyebabkan Anda tidak subur. Ada berbagai faktor penyebab penyakit ini, misalnya penyakit menular seksual atau tumbuhnya sel non-kanker yang menghalangi pembuahan pada rahim.

Berusia di atas 35 tahun

Meskipun Anda yang berada di usia 35 tahun ke atas masih memiliki kesempatan untuk hamil, kemungkinannya akan semakin mengecil. Ini disebabkan oleh sel telur yang mulai susah untuk dibuahi setelah Anda menginjak usia 35 tahun. (fmz/bb)

Comments
Loading...