6 Hal yang Menyebabkan Anda Merasa Sakit Saat Ejakulasi

Berikut ini 6 hal yang menyebabkan rasa sakit saat ejakulasi

FENOMAGZ – Ada beberapa kemungkinan penyebab dari rasa sakit saat ejakulasi. Simak sejumlah alasan di bawah ini untuk mengetahui apakah benar salah satunya adalah penyebab rasa nyeri yang Anda alami, atau diskusikan setiap kemungkinannya dengan dokter jika Anda tidak yakin dari mana sumber rasa sakit Anda.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengukur Penis Ketika Ereksi?

Berikut ini 6 hal yang menyebabkan rasa sakit saat ejakulasi:

Penyakit menular seksual

Rasa sakit bisa datang akibat penyakit menular seksual. Misalnya, gonore kadang-kadang dapat menyebabkan rasa terbakar atau sakit saat ejakulasi yang tajam menusuk. Begitu pula dengan herpes.

Jika Anda menduga telah terkena penyakit menular seksual, penting untuk segera kunjungi dokter atau klinik untuk diuji. Semakin cepat Anda tahu jika Anda terinfeksi, semakin cepat Anda bisa mendapatkan pengobatan dan berpotensi melawan efek dari infeksi ini.

Orchitis

Orchitis adalah peradangan di salah satu atau kedua testis. Orchitis biasanya terjadi sebagai hasil dari peradangan epididimitis, sebuah selang kecil yang menghubungkan testis dengan struktur lain dalam penis yang disebut vas deferens. Epididimitis juga biasa timbul sebagai akibat infeksi virus atau bakteri.

Gejala orchitis termasuk darah dalam air mani, tekstur cairan yang tidak biasa, demam, nyeri di selangkangan, buah zakar membengkak, rasa sakit pada testis, sakit saat berhubungan seks, dan rasa sakit saat ejakulasi.

Masalah pada fisik penis

Kelainan fisik pada penis dapat menyebabkan rasa sakit saat ejakulasi, misalnya penyakit Peyronie (penis bengkok saat ereksi), fimosis (kulup penis yang terlalu ketat), jaringan parut, frenulum pendek, atau masalah kulup lainnya gesekan, iritasi, sobek, atau peradangan.

Prostatitis kronis

Prostatitis pada umumnya ditandai dengan berbagai kesulitan seputar urusan buang air kecil. Prostatitis kronis juga dapat menyebabkan rasa sakit saat ejakulasi bagi sebagian pria, terutama jika infeksi disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam prostat dari uretra.

Rasa sakit saat ejakulasi yang disebabkan oleh prostatitis biasanya disertai dengan kaku atau kelemahan otot, hingga nyeri panggul dan/atau nyeri testis hebat yang dapat menyulitkan penetrasi. Namun demikian, pada umumnya penyebab prostatitis kronis tidak diketahui sehingga sulit untuk diobati.

Kanker prostat

Kanker prostat adalah jenis kanker yang paling umum dialami oleh kalangan pria dari semua ras dan etnis. Gejala kanker prostat berbeda antara individu, tetapi umumnya termasuk kesulitan buang air kecil, aliran urin terganggu, kesulitan mengosongkan kandung kemih, nyeri saat buang air kecil, darah dalam urin dan air mani, nyeri punggung dan panggul, serta rasa sakit saat ejakulasi.

Masalah psikologis

Setelah dokter telah mengesampingkan kelainan fisik atau penyakit tertentu, dokter mungkin akan mempertimbangkan isu psikologis atau emosional sebagai penyebab Anda mengalami sakit saat ejakulasi. Ini bukan cara dokter untuk menyepelekan rasa sakit Anda sebagai keluhan yang tidak nyata, tapi nyeri fisik bisa disebabkan oleh stres, kecemasan, atau masalah emosional/hubungan dengan orang lain atau pasangan sendiri. Depresi juga mungkin menyebabkan Anda mengalami rasa sakit saat ejakulasi. (fmz/bb)

Comments
Loading...