6 Jenis Perawaratan Kulit yang Wajib Dilakukan Laki-laki

Berikut ini 6 jenis perawatan kulit pria yang dapat dilakukan

FENOMAGZ – Sama dengan perempuan, laki-laki juga membutuhkan rutinitas perawatan kulit. Namun, bedanya adalah, perawata kulit pria tak selalu harus berhubungan dengan produk skin care karena kebutuhannya pun berbeda.

Laki-laki memiliki bulu atau rambut di daerah wajah, dan produksi minyak pada laki-laki juga lebih besar dibanding perempuan. Sehingga, perawatan kulit pria penting dilakukan untuk mencegah penyumbatan pori-pori yang menyebabkan munculnya jerawat.

Baca juga: 10 Trik Hidup Sehat Secara Instan

Kolagen pada laki-laki juga lebih banyak dibandingkan perempuan. Inilah kenapa justru kulit perempuanlah yang lebih cepat keriput dibanding kulit laki-laki. Namun, ini bukan berarti lelaki jadi tidak perlu menggunakan produk pelindung sinar ultraviolet penyebab penuaan pada kulit.

Berikut ini 6 jenis perawatan kulit pria yang dapat dilakukan:

Gunakan air hangat sebelum dan setelah cukuran

Bintik merah yang muncul setelah Anda mencukur jenggot atau kumis, adalah tanda iritasi pada folikel rambut. Membasuhnya dengan air hangat dapat membantu Anda untuk menguranginya. Selain itu, membasuh wajah dengan air hangat sebelum bercukur juga bisa membuat kulit lembap, sehingga mempermudah Anda dalam bercukur. Anda juga dapat menggunakan krim cukur untuk hasil yang lebih baik.

Cukur sesuai arah tumbuh bulu

Saat ini semakin banyak produk yang menawarkan pisau cukur dengan jumlah mata pisau yang lebih banyak. Padahal, jenis pisau atau silet yang digunakan sebenarnya tidak terlalu berpengaruh. Yang lebih penting adalah cara mencukurnya. Pastikan Anda selalu mencukur rambut sesuai arah bulu rambut Anda, bukan ke arah sebaliknya.

Tidak perlu pakai aftershave

Aftershave memang disarankan untuk mencegah terjadinya infeksi pada area kulit yang dicukur. Namun penggunaan cairan alkohol tersebut hanya diperlukan jika Anda bercukur menggunakan pisau cukur lipat. Saat ini, alat tersebut sudah sangat jarang digunakan. Jadi, jika Anda tetap ingin menggunakan aftershave, pilihlah produk aftershave yang tidak mengandung alkohol, untuk melembapkan kulit usai bercukur.

Hindari menggosok kulit wajah dengan handuk

Untuk mengeringkan wajah setelah cuci muka, lakukan gerakan menepuk-nepuk dengan handuk. Jangan mengeringkan dengan cara menggosok, karena ini dapat memicu iritasi pada kulit.

Berhenti merokok

Merokok akan mempercepat proses penuaan kulit. Saat kulit terluka, penyembuhannya juga menjadi lebih lama jika Anda merokok. Begitu pun jika Anda mengidap beberapa penyakit kulit seperti  psoriasis atau hidradenitis supurativa, merokok bisa membuatnya makin parah.

Hindari mandi air panas

Saat udara sedang dingin atau setelah semalaman tidur di bawah kesejukan AC, mandi air panas memang lebih menyenangkan. Namun perlu diingat, air yang terlalu panas akan membuat kulit menjadi lebih kering, gatal, dan bersisik. Air panas juga membuang kandungan minyak alami yang terdapat pada kulit. Oleh karena itu, pastikan air mandi Anda bersuhu hangat saja, demi kesehatan kulit. (fmz/bb)

Comments
Loading...