8 Zat Kimia Berbahaya yang Bersembunyi Dalam Rokok

Berikut ini beberapa zat kimia berbahaya yang ada dalam rokok

FENOMAGZ – Bukan rahasia lagi bahwa rokok memiliki efek buruk pada kesehatan manusia. Bahkan perokok berat pun sudah mengetahui bagaimana rokok bisa mempengaruhi kesehatan. Namun hal ini tak menghentikan mereka untuk merokok. Zat kimia berbahaya dalam rokok tak sekedar nikotin saja. Masih ada banyak zat kimia berbahaya yang beracun dan bahkan bisa memicu kanker.

Baca juga: 7 Cara Cepat Sembuhkan Memar Di Tubuh

Selain itu, jangan berpikir bahwa rokok hanya berpengaruh terhadap paru-paru. Setiap isapan rokok bisa masuk sirkulasi darah dan mempengaruhi semua organ tubuh termasuk jantung. Bahkan perokok pasif yang menghirup asap rokok juga memiliki risiko tinggi terhadap kesehatan mereka karena bahan kimia berbahaya yang ada dalam asap tersebut.

Berikut ini beberapa zat kimia berbahaya yang ada dalam rokok:

Benzene atau bensol

Benzene atau bensol adalah salah satu zat berbahaya yang bisa menyebabkan kanker. Pada awalnya benzene bisa menyebabkan rasa ngantuk, pusing, sakit kepala, denyut jantung semakin cepat, dan lainnya. Namun efek jangka panjangnya bisa menyebabkan kanker, menurunkan sistem kekebalan tubuh, dan bahkan menyerang sumsum tulang belakang.

Toluene

Toluene adalah zat kimia yang banyak digunakan pada bidang industri. Toluene biasanya berbentuk cairan bening, tidak berwarna, dan tidak larut dalam air seperti benzene. Meski biasa digunakan di bidang industri seperti pembuat lem atau cat, namun toluene juga bisa ditemukan dalam rokok.

Formaldehida

Anda tentu sudah tak asing dengan bahan kimia yang satu ini. Formaldehida atau biasa disebut metanal atau formalin merupakan bahan kimia yang berbahaya. Senyawa kimia ini beracun dan mudah terbakar, bahkan ketika formalin berwujud gas dalam ruangan.

Vinyl Chloride

Vinyl chloride adalah senyawa organik yang biasanya digunakan pada filter rokok. Meski hanya terdapat dalam filter saja, namun bahan ini bisa sangat berbahaya bagi tubuh karena sifat karsinogen yang dimilikinya.

Ammonia

Ammonia adalah zat kimia yang biasanya digunakan dalam produk-produk pembersih. Tak jarang ammonia digunakan pada produk-produk kecantikan seperti shampo untuk meningkatkan aromanya. Jika terhirup terlalu banyak, ammonia bisa menyebabkan kerusakan paru-paru dan iritasi pada saluran pernapasan.

Cadmium

Cadmium mungkin hanya dikenal banyak orang lewat buku kimia. Namun kenyataannya, zat-zat kimia ini ada di sekitar kita tanpa kita sadari dan sudah seringkali terpapar pada tubuh. Cadmium adalah zat berbahaya dan beracun yang tak seharusnya ada pada tubuh manusia. Cadmium merupakan zat metal berat berbahaya yang biasanya digunakan dalam baterai.

Arsenik

Arsenik yang ada dalam rokok biasanya adalah arsenik yang tak organik dan bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan. Arsenik tersebut biasanya didapatkan melalui arsenik pestisida yang berasal dari perkebunan tembakau. Meski kadar dalam rokok bisa jadi sedikit dan tak mematikan, namun zat yang tak berbau dan tak berasa ini wajib diwaspadai untuk efeknya dalam jangka panjang.

Hydrogen Cyanide

Hydrogen Cyanide (HCN) adalah zat kimia berbentuk gas yang tidak berwarna, tak berbau, dan tidak memiliki rasa. HCN merupakan zat kimia gas yang paling ringan dan mudah terbakar. Zat ini ada dalam rokok yang Anda isap setiap hari. (fmz/bb)

Comments
Loading...