Ada 6 Penyebab Sulit Orgasme Yang Perlu Diketahui

sebuah penelitian dari The Kinsey Institute

Fenomagz – Siapa yang tidak mau meraih puncak kenikmatan alias orgasme? Pasti hampir semua orang menginginkan itu saat bercinta. Namun, tidak semua orang meraih hal tersebut kala bercinta.

Penelitian dari The Kinsey Institute menunjukkan bahwa sekitar 20-30 persen wanita tidak bisa merasakan orgasme. Jumlah ini 5 persen lebih banyak dibandingkan dengan pria. Lalu, apa sih yang jadi penyebab kenapa pria atau wanita tidak bisa meraih orgasme saat melakukan hubungan seks?

1. Kondom yang terlalu ketat

Karena program menunda momongan, maka kamu dan pasangan pun sepakat menggunakan kondom sebagai alat kontrasepsi. Namun, pemakaian kondom yang terlalu ketat bisa mengurangi sensitivitas dan sensasi yang menempel di alat kelamin. Bahkan jika pemakaian kondom terlalu ketat dan membuat penis terasa seperti ‘tercekik’ maka hal ini akan membuat pria sulit mempertahankan ereksi.

Sebuah penelitian di Sexual Health 2015 menemukan bahwa sekitar 52 persen pria mengalami kesulitan ereksi dan tidak merasakan orgasme saat menggunakan kondom.

2. Stres

Tingkat stres yang tinggi bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan psikologis dan fisiologis. Hal ini berakibat pada sulitnya untuk meraih orgasme.

Stres akan membuat produksi hormon seks yaitu estrogen dan testosteron jadi lebih sedikit. Sementara produksi kortisol dan hormon stres lainnya jadi lebih banyak. Ketika tubuh melepaskan hormon kortisol, maka aliran darah ke organ seks terganggu dan membuat napas pendek-pendek. Hal ini menyulitkan untuk meraih orgasme.

3. Depresi

Saat stres tidak diobati dengan baik, maka akan berlanjut ke tahap depresi. Depresi yang juga mempengaruhi suasana hati ini akan membuat orang kehilangan gairah seks. Libido pun terganggu. Hasilnya, seks malah akan terasa menyakitkan dan membuat orang tak lagi menikmatinya. Orgasme jadi sulit untuk diraih.

4. Sakit kronis

Sakit kronis yang membuat orang mengalami rasa sakit terus-menerus akan membuat libido jadi rendah. Hal ini membuat si penderita kesulitan untuk merasakan kenikmatan saat berhubungan seks. Hasilnya, orgasme juga tidak akan terjadi.

5. Obat-obatan

Konsumsi beberapa jenis obat-obatan juga mampu mempengaruhi kemampuan seksual serta menyebabkan masalah seksual. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Family Practice menemukan bahwa kandungan statin dan fibrat yang ada dalam obat penurun kolesterol bisa menyebabkan disfungsi ereksi bagi pria. Sementara bagi wanita, obat ini membuat wanita sulit mencapai orgasme.

6. Tidak percaya diri dengan bentuk tubuh

Tahukah kamu bahwa rasa tidak percaya diri yang muncul karena merasa bahwa bentuk tubuh tak terlalu bagus bisa membuat orgasme sulit tercapai? Hal ini terjadi karena pikiran ini akan masuk ke dalam alam bawah sadar dan kemudian mempengaruhi kemampuan seksual.

Sebaliknya, saat kamu memiliki pikiran yang positif, lalu percaya diri dengan bentuk tubuhmu maka hal ini bermanfaat untuk mendukung kehidupan seksual yang sehat.

Orgasme adalah salah satu tolak ukur dari sukses tidaknya hubungan seksual. Oleh karena itu ketika kamu merasa bahwa kamu kesulitan untuk meraih orgasme, bisa jadi salah satu faktor di atas jadi sebabnya.

Comments
Loading...