advertisement

Anda Mengalami Micropenis (Penis Mengecil) ? Mungkin Ini Penyebabnya

ini dia penjelasan menurut para ahli mengenai micropenis

judi

FENOMAGZ – Kadang, para remaja pria datang untuk berkonsultasi ke dokter atas kekhawatiran kondisi penis kecil yang mereka miliki. Anak-anak yang dateng ini biasanya masih dalam masa pra-pubertas atau anak-anak yang memiliki obesitas. setelah melalui pemeriksaan, mereka yang memiliki ukuran penis normal berdasarkan angka SPL, dan kekerdilan penis mereka adalah kondisi sekunder terjadi karena penumpukan lapisan kulit dan lemak di sekitar area genital (penis terkubur/buried penis).

Baca juga: Cara Jitu Mengatasi Kondom Yang Tersangkut Didalam Vagina

Selain itu, kecemasan akan panjang penis yang tidak semestinya juga dapat datang dari “inconspicuous penis”, alias penis tersembunyi, di mana sulit untuk membedakan di mana ujung buah zakar berakhir dan pangkal penis dimulai (buah zakar terhubung ke bagian bawah penis, menyebabkan penis tertarik ke dalam). Keduanya adalah kondisi yang lebih umum ditemukan pada pria, dibandingkan dengan penis kecil yang sebenarnya.

Istilah “micropenis”, atau dalam bahasa medis disebut dengan microphallus, digunakan untuk mendeskripsikan panjang rentangan penis layu kurang dari 2,5 standar deviasi (SD) di bawah rata-rata untuk usia. Umumnya, mikropenis merujuk pada fisik penis yang secara kasat mata tampak normal, namun memiliki batang penis pendek, dan microphallus adalah istilah yang digunakan apabila terdapat peletakan abnormal pada bukaan uretranya (hypospadia).

Penis kecil bukan suatu kondisi yang dapat disadari oleh seorang pria ketika ia dewasa. Kondisi ini diduga disebabkan oleh kelainan genetik. Penis mulai berkembang di rahim ibu saat janin berusia 8 minggu. Pada minggu ke-12, penis telah berkembang dengan utuh dan mulai bertumbuh. Selama trimester dua dan tiga, hormon seks pria akan membuat penis untuk bertumbuh ke panjang normalnya.

Faktor-faktor yang mengganggu produksi hormon dan kinerja hormon seperti hipogonadisme hipogonadotropik, alias produksi testosteron yang tidak memadai pada tahap akhir perkembangan janin atau ketidakpekaan terhadap androgen akan mengerdilkan pertumbuhan penis. (fmz/bb)

Comments
Loading...