advertisement

Apa Bedanya Shampo Wanita dan Shampo Untuk Pria?

berikut ini perbedaan dari shampo wanita dan shampo pria

judi

FENOMAGZ – Perbedaan terbesar yang paling mungkin adalah jenis wewangian yang digunakan dalam komposisi shampo. Selain itu, Anda akan menemukan lebih banyak daftar bahan-bahan alami yang tercantum dalam produk shampo dan kondisioner wanita daripada pria. Hal ini karena pasar wanita lebih cenderung tertarik ke arah produk berbahan holistik atau alami (buah-buahan, akar tumbuhan, ekstrak bunga, dan seterusnya). Shampo dan kondisioner wanita mungkin akan memiliki lebih banyak pilihan dalam jangkauan keragaman fungsi perawatan rambut, misalnya perawatan warna, frizz control, dan lainnya. Sedangkan produk pria lebih cenderung memfokuskan fungsi dasar dan ilmiah, membuat produk mereka tampak lebih canggih dalam hal penggunaan.

Baca juga: Benarkah Minum Vitamin Bisa Memperpendek Usia?

Menurut Bobby Buka, dermatologis asal New York, komposisi kimiawi lainnya antara shampo pria dan wanita hampir tidak ada bedanya. Hal senada juga diungkapkan oleh penata rambut kenamaan Indonesia, Rudy Hadisuwarno, Menurut Rudy, tidak ada perbedaan besar jika shampo wanita digunakan oleh pria karena kesamaan komposisi pendukung produk shampo dan struktur rambut wanita dan pria.

Pria dengan rambut kering dapat menggunakan shampo dan kondisioner berpelembap. Begitu pula dengan produk shampo yang mengandung humectant, shea butter, dan vitamin E — yang notabene umum ditemukan dalam produk wanita — untuk menambah kelembapan rambut. Pria berambut kering juga dapat mencoba produk perawatan deep-conditioning seminggu sekali untuk perawatan secara lebih mendalam. Produk kondisioner leave-in juga bermanfaat bagi pria berambut kering guna melindungi rambut dari faktor eksternal lingkungan yang bisa merusak, seperti sinar matahari dan polusi.

Meskipun manfaat dan kegunaan produk perawatan tubuh tidak secara spesifik ditargetkan untuk masing-masing gender, ada beberapa kemungkinan potensi bahaya yang terkait. Leeann Brown dari Evironmental Working Group US, berpendapat bahwa ada sejumlah bahan kimia dalam produk perawatan tubuh yang mempengaruhi hormon, dan beberapa dari bahan ini terkait dengan gangguan sistem reproduksi laki-laki. Misalnya, phtalates (kemungkinan komponen dari ‘parfum’) telah dikaitkan dengan perubahan hormon pada pria dan anak laki-laki, dan kerusakan sperma. (fmz/bb)

 

Comments
Loading...