Apa Itu Analisis Sperma? Seperti Apa Sperma yang Normal?

berikut ini penjelasan menurut para penelitian

FENOMAGZ – Analisis sperma adalah jenis tes kesuburan pria yang pertama dilakukan untuk mengetahui apakah ada gangguan pada sperma Anda hingga menyebabkan sulit punya anak.

Baca juga: 5 Akibat Jika Terlalu Sering Berhubungan Seks

Sperma dibutuhkan dalam proses kehamilan untuk membuahi sel telur wanita di dalam rahim. Jika terdapat satu saja kelainan sperma (entah itu dari bentuk, jumlah, maupun kecepatan geraknya), maka pria akan berisiko tinggi sulit mempunyai anak atau bahkan mandul.

advertisement

Sebenarnya, yang diperiksa dalam tes kesuburan ini tidak hanya sperma saja. Selama pengujian ini, segala macam faktor lain yang terkandung dalam cairan mani juga ikut diperiksa. Oleh karena itu, tes kesuburan ini lebih tepat disebut dengan analisis semen (air mani).

Ketika dilihat dengan memakai mikroskop, kepala sperma yang normal akan berbentu oval dengan panjang 4,0-5,5 mm dan lebar 2,5-3,5 mm. normalnya, leher akan berbentuk kurus berukuran 1 sampai 2 µm. pada bagian ini Anda tidak boleh terdapat sisa-sisa zat proses pematangan sperma.

Ekor sperma yang normal memiliki panjang 9-10 kali dari panjang kepala, berbentuk lurus memanjang dari leher atau membentuk alur gelombang.

Sperma dianggap memiliki kelincahan gerak (motilitas) normal jika 40% dari keseluruhan sperma bisa bergerak bebas, dan setidaknya 32% harus berenang dalam gerakan maju atau di dalam lingkaran besar. (fmz/bb)

advertisement

Comments
Loading...