Apa Itu Ejakulasi Retrogade (Ejakulasi Terbalik)? Ini Penjelasannya!

berikut ini penjelasan tentang ejakulasi retrogade (ejakulasi terbalik)

FENOMAGZ – Ketika pria mencapai orgasme, penis biasanya akan berejakulasi dengan menembakkan air mani. Kecepatan tembakan air mani saat pria orgasme bahkan sangat cepat, hingga 45 kilometer per jam.

Baca juga: 3 Manfaat Yang Didapat Jika Berhubungan Seks Saat Menstruasi

Seperti namanya, ejakulasi terbalik (ejakulasi retrogade) adalah kondisi di mana air mani tidak keluar lewat lubang penis, namun justru mengalir balik ke atas hingga masuk dalam kandung kemih.

Faktanya, baik air mani maupun urin pria keluar dari satu lubang penis yang sama. Namun cara kerjanya berbeda, karena memiliki pemicu rangsangan yang berbeda (rangsangan “kebelet” dan rangsangan seksual). Itu sebabnya ketika Anda merasa ingin pipis, air mani seharusnya tidak ikut keluar. Begitu pun sebaliknya. Ini juga karena “lalu lintas” aliran urin dan air mani diatur oleh sebuah cincin otot (sfingter) di dalam saluran kandung kemih.

Normalnya, otot ini akan menutup saat penis ereksi untuk memungkinkan air mani bisa keluar dari penis, sementara mencegahnya bocor masuk ke dalam saluran kandung kemih. Sebaliknya, saat Anda ingin buang air kecil, otot ini akan menutup agar mencegah air mani ikut keluar.

Ejakulasi terbalik terjadi ketika otot cincin pada kandung kemih tersebut mengalami gangguan atau melemah, sehingga saat Anda akan ejakulasi, sperma yang tadinya hendak keluar penis, malah mengalir atau bocor masuk ke dalam kandung kemih. (fmz/bb)

Comments
Loading...