advertisement

Apakah Inverted Nipple Sering Terjadi Pada Ibu Hamil dan yang Sedang Menyusui?

berikut ini penjelasan kenapa Inverted nipple sering terjadi pada ibu hamil

Judi

judi

judi

FENOMAGZ – Puting merupakan bagian yang unik dari payudara, dapat ditemukan baik pada perempuan maupun pada laki-laki. Puting yang normal umumnya akan menonjol keluar. Bagaimana dengan puting yang tidak menonjol keluar? Hal ini merupakan ciri dari inverted nipple.

Baca juga: Cara Tepat Mencegah Agar Tidak Kentut Saat Berhubungan Seks

Inverted nipple adalah kondisi di mana puting seperti ditarik masuk ke dalam sehingga terlihat rata. Kondisi ini memang dapat terjadi pada beberapa orang, salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah hormon; biasanya dijumpai pada ibu hamil, namun sekitar 10 sampai 20 persen perempuan mengalami kondisi ini karena ‘bawaan’ dari lahir. Kasus inverted nipple disebabkan oleh masalah yang ada di sambungan jaringan di bawah puting, ligamen dan kulit.

Penelitian mengungkapkan bahwa ada sekitar 28 hingga 35 perempuan yang sedang mengandung memiliki masalah pada puting mereka, dan 10 persen di antaranya diduga inverted nipple. Masalah yang akan dihadapi perempuan dengan inverted nipple adalah kesulitan ketika menyusui.

Keadaan ini ada yang bersifat sementara, ada pula yang tidak. Namun, Anda tetap bisa mencoba beberapa cara seperti, menggunakan pompa payudara (digunakan untuk menstilmulasi air susu), hal ini bisa dipercaya bisa mengembalikan posisi puting Anda. Kunjungan dan konsultasi ke dokter juga diperlukan, agar dokter bisa memberi tindakan pencegahan untuk menjaga payudara dan puting tetap steril, sebab kondisi puting terbalik rentan terhadap infeksi, dikarenakan berada di dalam lipatan-lipatan kulit. (fmz/bb)

Comments
Loading...