Apakah Kondom Wanita dan Pria Sama Efektifnya? Ini Penjelasannya!

berikut ini penjelasan mana yang lebih efektif kondom pria atau wanita

FENOMAGZ – Kondom pria sampai saat ini adalah satu-satunya alat pelindung yang tersedia sebagai metode pencegahan HIV dan berbagai  penyakit kelamin menular. Kondom wanita menawarkan opsi tambahan yang memungkinkan perempuan untuk mengendalikan cara yang independen untuk melindungi dirinya dari berbagai infeksi seksual maupun kehamilan yang tidak diinginkan.

Baca juga: 4 Hal Yang Menyebabkan Standar Durasi Bercinta Berbeda-Beda

Kondom wanita memiliki peranan penting dalam pencegahan penyakit HIV. Alat kontrasepsi ini merupakan sebuah perangkat pencegahan yang dapat membantu wanita yang terlibat dalam hubungan seksual atau situasi tertentu di mana mereka tidak dalam posisi menegosiasikan penggunaan kondom pria karena terkendala pribadi maupun sosial budaya.

advertisement

Kondom khusus perempuan merupakan sebuah pilihan alternatif dari kondom biasa, bukan untuk sebagai pendamping. Keduanya tidak boleh digunakan bersamaan dalam satu waktu, karena gaya gesek yang tercipta dari kedua permukaan dapat menyebabkan bahan aus dan kemudian mudah robek. Selain itu, kondom wanita juga tidak boleh digunakan bersamaan dengan pemakaian penutup rahim (cervical cap) atau diafragma. Namun, boleh digunakan berbarengan dengan alat kontrasepsi oral atau suntik.

Jika selalu digunakan dengan benar dan mematuhi instruksi cara pakai setiap kali berhubungan seks, kondom wanita 95 persen efektif untuk mencegah kehamilan. Artinya, hanya 5 dari 100 wanita yang akan hamil setelah pemakaian kondom.

Namun, penggunaan sempurna hampir tidak pernah terjadi. Jika tidak digunakan dengan benar (salah cara memasukkan atau digunakan sesekali untuk berhubungan seks), kondom perempuan 79% efektif dalam menekan angka kehamilan. Hal ini berarti, 21 dari 100 wanita akan hamil dalam satu tahun setelah pemakaian kondom ini.

Saat dimasukkan secara sempurna, kondom perempuan tidak hanya melapisi vagina dan rahim, namun juga sebagian area labia (eksternal bibir vagina), yang dapat menawarkan perlindungan terhadap berbagai penyakit kelamin menular termasuk HIV. (fmz/bb)

advertisement

Comments
Loading...