Fenomagz
Unleash the Wild Side

Beberapa manfaat tidur siang

Apa saja manfaat tidur siang untuk kesehatan? Simak ulasanya berikut ini

0

FENOMAGZ – Saat pekerjaan menumpuk, otak serta tubuh kita butuh istirahat untuk mengembalikan energi dan konsentrasi. Alangkah baiknya kalau anda menyempatkan waktu untuk tidur siang di tengah-tengah jam kerja. Singkirkan pikiran bahwa orang akan menjuluki anda si pemalas.

Baca juga: 5 Hal Yang Diam-Diam Dapat Membuat Wanita Horny

Masyarakat Spanyol dan Meksiko memiliki tradisi istirahat selama 15-30 menit atau selama tiga jam setelah makan siang. Mereka akan menutup toko mereka mulai dari pukul dua sore sampai pukul 5 sore hanya untuk tidur siang. Saat ini banyak Negara lain yang telah menyadari manfaat tidur di siang hari.

Sementara alasan tidur siang mungkin berbeda-beda, manfaatnya cenderung sama. Apa saja manfaat tidur siang untuk kesehatan? Simak ulasanya berikut ini:

Meningkatkan performa fisik

Tidur siang sebentar membuat kita merasa lebih aktif di bandingkan dengan tidur siang yang panjang. Studi telah menemukan korelasi antara tidur siang sebentar dengan kemampuan atletik yang lebih baik. Inilah sebabnya mengapa dianjurkan untuk tidur nyenyak, setidaknya selama 7 jam sehari.

Bantu kendalikan stress

Tidak tidur nyenyak bisa membuat anda merasa lebih mudah tersinggung dan stress. Sebuah studi yang di lakukan pada tahun 2012 oleh Jurnal of Clinical Endocrinology dan Metabolism menunjukan bukti kalau tidur siang bisa mengurangi hormon stress setelah kurang tidur. Kemudian, para peneliti mengukur dan membandingkan hormon stres dengan orang yang tidur siang tetapi kurang tidur.

Baca juga:   Kebiasaan aneh yang Sering di Lakukan Pria

Meningkatkan fungsi kognitif

Sebuah studi yang di lakukan pada tahun 2007 yang di terbitkan dalam Journal of Sport Science menujukan bukti bahwa tidur siang sebentar benar-benar meningkatkan kewaspadaan aspek kinerja mental dan fisik. Mereka yang tidur siang atau duduk diam dari pukul 13.00 samapai pukul 13.30. mereka di uji untuk berbagai perubahan dalam kinerja. Orang dewa yang tidur siang mengalami perbaikan dalam kewaspadaan, ingatan jangka pendek, suhu intra aural, denyut jantung, dan skor pada tingkat test.

Sehat bagi jantung

Sebuah studi oleh University of Athens Medical School dan Harvard School of Public Health menunjukan bahwa orang-orang yang tidur siang secara teratur memiliki mortalitas koroner yang lebih rendah daripada mereka yang tidak. Menurut para peneliti tidur siang paling sedikit tiga kali seminggu selama 30 menit. (fmz/bb)

Comments
Loading...