Benarkah Anal Seks Bisa Bikin Hamil?

Dokter kandungan dari Yale School of Medicine, Mary Jane dikutip dari Women's Health Magazine

Beberapa pasangan bisa saja mempraktikkan seks anal demi mengeksplorasi kehidupan seks mereka. Dan Anda mungkin bertanya-tanya, apakah seks anal bisa membuat hamil.

Dokter kandungan dari Yale School of Medicine, Mary Jane Minkin menjelaskan, ada kemungkinan air mani–sperma masuk ke vagina saat melakukan seks anal.

“Area bukaan vagina dan dubur cukup dekat satu sama lain. Jadi, jelas ada kemungkinan, air mani bisa masuk ke vagina,” kata Minkin, dikutip dari Women’s Health Magazine, Jumat (16/11/2018).

Anda hanya membutuhkan satu sperma untuk hamil. Meskipun seks anal sangat jarang menyebabkan kehamilan, ada baiknya menggunakan alat kontrasepsi untuk menghindari kehamilan yang tak diinginkan. Walaupun tidak 100 persen efektif, pencegahan tetap bisa dilakukan.

Mudah tertular penyakit menular seksual

Minkin menjelaskan, ada hal yang harus diperhatikan saat melakukan seks anal. Walaupun penggunaan kondom dapat mencegah kehamilan, Anda berisiko lebih besar terkena penyakit menular seksual saat seks anal. Risiko ini lebih besar dibandingkan dengan seks vagina.

“Lapisan anus tidak ditujukan untuk melawan infeksi,” jelas Minkin. “Jaringan vagina pada wanita premenopause dapat jauh lebih baik dalam melawan (bakteri infeksi penyakit menular seksual).”

Hal yang semestinya tidak pernah dilakukan adalah bercinta dengan seks anal lalu langsung berpindah ke vagina.

“Bukan berarti vagina tidak memiliki bakteri, tetapi rektum punya lebih banyak bakteri. (Dengan seks anal) Anda hanya menambahkan lebih banyak bakteri ke vagina,” ungkap Minkin.

Hal itu dapat menyebabkan infeksi. Jika Anda sudah melakukan seks anal, sebelum melakukan seks vaginal, bersihkan dulu seluruh area intim, lalu ganti kondom baru.

Jangan lupa gunakan pelumas untuk seks anal. Jika Anda tidak menggunakannya, kulit bisa saja menjadi luka karena gesekan. Hal itu menyebabkan Anda lebih rentan terhadap infeksi.

Comments
Loading...