Benarkah Cahaya Terang Bisa Meningkatkan Gairah Seks?

berikut ini penjelasan menurut para ilmuwan

FENOMAGZ – Selama ini, banyak orang mengaitkan seks dengan cahaya redup dan remang-remang. Padahal, hasil dari sebuah penelitian kecil yang dilakukan para ilmuwan dari Universitas Siena di Italia menemukan sebaliknya. Ternyata paparan cahaya terang justru bisa meningkatkan gairah seks dengan cara meningkatkan kadar testosteron dan kepuasan seksual yang lebih besar, pada pria dengan hasrat seksual yang rendah. Lebih dari 25 persen pria mengaku memiliki hasrat seksual yang rendah saat memasuki usia 40-an.

Baca juga: Apakah Vitamin Penyubur Sperma Benar-Benar Ampuh Mengatasi Masalah Kesuburan Pria?

Para ilmuwan yang dipimpin oleh Profesor Andrea Fagiolini, merekrut 38 pria yang telah didiagnosis memiliki gangguan hasrat seksual hipoaktif yaitu sebuah kondisi yang ditandai dengan rendahnya minat dalam berhubungan seks.

Peserta dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok satu mendapatkan paparan cahaya selama 30 menit dari kotak lampu spesial mirip alat terapi yang digunakan pada penderita gangguan Seasonal Affective Disorder atau depresi musiman setiap pagi selama 2 minggu. Sedangkan kelompok lainnya yaitu kelompok kontrol ,mendapatkan pancarkan jauh lebih sedikit. Para peneliti pun menilai kadar testosteron pria dan minat seks mereka sebelum dan setelah 2 minggu terkena paparan kotak lampu.

Hasilnya, dibandingkan dengan kelompok kontrol, pria yang terkena paparan secara intens menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kepuasan seksual.

“Sebelum terapi, kedua kelompok rata-rata memiliki nilai kepuasan seksual 2 dari 10, tapi setelah terapi, kelompok yang terkena cahaya secara intensif mencetak nilai kepuasan seksual pada angka 6,3 hal ini berarti terjadi peningkatan lebih dari  tiga kali lipat pada skala yang kita gunakan,” jelas Prof. Fagiolini. (fmz/bb)

Comments
Loading...