advertisement

Benarkah Jumlah Sperma Perokok Lebih Sedikit Daripada Pria yang Tidak Merokok?

berikut ini penjelasan menurut para ahli

Judi

judi

judi

FENOMAGZ – Rokok tembakau telah terbukti dapat menurunkan kualitas sperma pada perokok pria. Tapi di saat yang bersamaan, rokok ternyata juga dapat menurunkan jumlah sperma yang aktif. Zat yang terkandung dalam tembakau ditemukan bisa merusak antioksidan dalam air mani.

Baca juga:  Benarkah Asam Lemak Omega-3 Dapat Meningkatkan Jumlah Sperma?

 

Antioksidan punya peran penting pada sperma laki-laki, yaitu melindungi sperma dari paparan radikal bebas. Antioksidan juga memengaruhi motilitas (kecepatan sperma untuk “berenang”) dan kemampuannya membuahi sel telur.

Lalu, ada bukti jelas lagi yang mengatakan kalau merokok ganja juga bisa mengurangi kesuburan pria. Kandungan zat di dalam ganja mampu mengubah kerja sistem kelenjar endokrin. Kelenjar endokrin berfungsi mengatur hormon reproduksi dan kadar testosteron pria. Oleh karena itu, merokok ganja juga mampu mengurangi motilitas sperma dan kesuburan pria.

Seperti yang telah disinggung di atas, kalau antioksidan mampu menangkal radikal bebas yang dapat merusak sperma. Tapi apa bisa sperma diperbaiki hanya dengan minum suplemen antioksidan? Profesor Hammadeh mengatakan kalau suplemen antioksidan tidak akan terlalu banyak memengaruhi kesuburan sperma. Suplemen antioksidan memiliki fungsi utama sebagai zat yang menurunkan risiko stress oksidatif karena merokok.

Tetapi kalau suatu pasangan ingin hamil dan subur, kunci utamanya adalah berhenti merokok dan hidup sehat. Hammadeh menyarankan untuk meningkatkan risiko kesuburan, ada baiknya berhenti merokok 3 bulan sebelum proses bayi tabung (IVF). Konsumsi juga vitamin C dan vitamin E yang bisa menambah manfaat kesuburan kedua pasangan. (fmz/bb)

Comments
Loading...