advertisement

Benarkah Masturbasi Dapat Menimbulkan Jerawat?

berikut ini penjelasan mengenai efek dari masturbasi

judi

FENOMAGZ – Ketika seseorang melalukan masturbasi, ia akan mendapatkan kenikmatan seksual. Tapi, beberapa orang di internet mengklaim bahwa masturbasi ternyata dapat menyebabkan jerawat.

Baca juga: Sapioseksual Individu Yang Hanya Tertarik Bercinta Dengan Orang Cerdas

Menurutnya, jerawat itu disebabkan oleh kombinasi empat hal, yakni produksi sebum yang berlebih (minyak), hiperkeratisasi pori-pori (alias penyumbatan pori-pori dengan keratin / sel-sel kulit mati, bakteri, dan peradangan.

Lantas bagaimana dengan masturbasi? Kalau dari jawaban Shainhouse, tindakan seks solo, twosomes, threesome dan seks secara umum tidak membuat Anda berjerawat. Ini artinya masturbasi sebabkan jerawat hanya mitos belaka, berhentilah khawatir.

Shainhouse mengatakan hormon (khususnya testosteron dan progesteron) bisa meningkatkan produksi minyak, dan juga dapat meningkatkan respons inflamasi. Itu sebabnya jerawat Anda sering memburuk menjelang menstruasi. Ini karena saat itulah tubuh memproduksi lebih banyak progesteron dan testosteron.

Menurutnya, hormon yang tidak seimbang selama masa remaja dan pubertas membuat remaja berjerawat.

“Pubertas juga bisa menjadi waktu eksplorasi diri dan mungkin masturbasi, sehingga ‘rasa takut’ cenderung muncul kalau masturbasi mungkin yang menyebabkan jerawat,” katanya.

Shainhouse mengatakan, masturbasi (dan seks) dapat meningkatkan kadar testosteron Anda untuk sementara waktu, tapi itu tidak cukup berdampak pada kesehatan kulit dalam jangka panjang Anda. Hal ini karena pada level tersebut menyusut, kembali normal dalam beberapa menit. (fmz/bb)

Comments
Loading...