Benarkah Meningitis Bisa Menular Lewat Ciuman?

berikut ini penjelasan benarkah meningitis bisa menular lewat ciuman

Judi

judi

FENOMAGZ – Pada Juli tahun 2017 sepasang suami istri harus merelakan kepergian bayinya yang baru lahir akibat meningitis. Para dokter menduga bahwa bayi tersebut dapat tertular meningitis dari tamu-tamu yang menggendong dan mencium bayi mereka saat menjenguknya. Risiko untuk tertular meningitis lewat ciuman ini pun tidak hanya pada bayi, karena anak remaja dan dewasa pun memiliki risiko yang sama.

Baca juga: 3 Cara Mencegah Vagina Gatal

Meningitis merupakan peradangan selaput otak. Beberapa gejala klasik radang selaput otak termasuk sakit kepala, demam, dan leher kaku (kaku kuduk). Siapa saja berisiko terkena meningitis, khususnya bayi dan anak-anak, orang lanjut usia, dan orang-orang yang memiliki kekebalan tubuh lemah.

Meningitis paling sering disebabkan oleh virus, namun beberapa kasus dapat juga disebabkan oleh bakteri atau jamur. Meningitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri umum disebabkan oleh infeksi E. coli dan Haemophilus influenzae. Virus penyebab meningitis pun ada beragam jenisnya. Virus herpes simplex (HSV-1), virus HIV, dan virus campak termasuk tiga jenis virus yang paling umum menyebabkan meningitis. Ditambah lagi, penyakit meningokokus merupakan penyebab utama dari meningitis  pada anak dan orang dewasa.

Baik infeksi virus, bakteri, dan jamur penyebab meningitis bisa menular lewat kontak pribadi yang dekat dengan orang yang terinfeksi, seperti batuk dan bersin yang tidak ditutup atau berciuman. Pasalnya, sekresi tenggorokan orang yang terinfeksi meningitis, seperti dahak dan air liur, mengandung partikel infeksi. (fmz/bb)

Comments
Loading...