Benarkah Olahraga Kardio Bisa Memperbanyak Sperma?

berikut ini penjelasan mengapa olahraga kardio bisa memperbanyak sperma

Judi

judi

FENOMAGZ – Kualitas sperma merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kesuksesan kehamilan. Sperma bisa dibilang sehat dan berkualitas jika memiliki bentuk, jumlah, dan daya gerak yang normal. Jika ada satu saja kelainan dari ketiga faktor tersebut, resiko pria menjadi tidak subur atau bahkan mandul bisa meningkat. salah satu cara untuk memperbanyak sperma berkualitas adalah olahraga terutama olahraga kardio.

Baca juga: 5 Kesalahan Yang Tanpa Disadari Bisa Bikin Kondom Sobek

Baik buruknya kualitas sperma sedikit banyak tergantung pada kesehatan jantung. Jantung bertanggung jawab untuk menyalurkan darah ke seluruh jaringan dan organ. Semakin kuat jantung Anda, maka semakin baik ia mengerjakan tanggung jawabnya untuk mengalirkan darah beroksigen keseluruh tubuh, termasuk ke testis sebagai tempat produksi sperma dan air mani.

Olahraga kardio adalah jenis olahraga yang secara khusus bertujuan untuk meningkatkan stamina serta kekuatan jantung dan paru-paru. Pasalnya, olahraga membutuhkan pembakaran energi yang tinggi dan cepat melalui gerakan dinamis dan berulang-ulang, misalnya lari, berenang, atau lompat tali. Oleh karena itu, sesi olahraga kardio yang konsisten akan ikut berdampak positif pada kualitas sperma Anda.

Sebuah penelitian yang dilakukan Maliki dan timnya di Urmia University of Iran melibatkan 280 pria sehat. Mereka secara acak diminta untuk melakukan olahraga kardio dengan intensitas yang bervariasi, dari rendah, sedang, sampai tinggi. Selain mereka yang diminta berolahraga, ada juga yang dikelompokkan sebagai orang yang tidak melakukan olahraga secara rutin.

Sekitar enam bulan setelah penelitian ini dimulai, kualitas air mani mereka diukur. Hasilnya, pria yang rutin berolahraga diketahui memiliki kualitas air mani yang paling baik dibanding yang tidak berolahraga. Duduk untuk waktu yang lama, seperti menonton TV, akan mengurangi jumlah sperma. (fmz/bb)

Comments
Loading...