advertisement

Benarkah Semakin Banyak Sel Sperma Yang Dikeluarkan, Semakin besar Peluang pembuahan?

berikut ini penjelasan menurut penelitian yang telah dilakukan

judi

FENOMAGZ – Pada dasarnya, fungsi utama sel sperma yaitu sebagai alat reproduksi. Maka, sel sperma harus mampu membuahi sel telur wanita. Hal ini tidak akan mudah, mengingat vagina merupakan sebuah lingkungan yang asam dan sayangnya hal ini cukup mematika untuk sel sperma. Keasaman yang terdapat pada vagina sendiri sebenarnya merupakan pertahanan tubuh wanita dari serangan bakteri dan virus. Beberapa menit sesaat setelah ejakulasi, hanya sperma yang paling cepat dan sehatlah yang bisa menembus vagina, sampai ke leher rahim, dan mencapai sel telur.

Baca juga: Langkah-Langkah Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Memeriksa Kelayakan Sperma

Di antara banyaknya sel sperma yang dikeluarkan, hanya satu yang dibutuhkan untuk membuahi sel telur. Maka, terjadilah persaingan antarsperma. Kecepatan sperma sangat berpengaruh pada ketahanan sperma dalam lingkungan vagina yang cukup asam dan mampu membunuh sperma.

Keberhasilan satu sperma membuahi satu sel telur akan menciptakan janin nantinya. Terlalu banyak atau menumpuknya sel sperma pada satu sel telur (polyspermy) dapat menyebabkan kromosom ekstra yang membahayakan penentuan jenis kelamin pada janin, sehingga janin akhirnya mengalami keguguran.

Jadi singkatnya, semakin banyak sel sperma yang dilepaskan, semakin besar pula peluang pembuahan sel telur. Bayangkan kalau hanya ada satu sel sperma yang dilepaskan dalam sekali ejakulasi. Hal ini bisa menghambat kelangsungan hidup umat manusia karena sulitnya reproduksi. (fmz/bb)

Comments
Loading...