Benarkah Stres Dapat Memperburuk Alergi yang Diderita?

berikut ini penjelasan berdasarkan penelitian yang telah dilakukan

FENOMAGZ – Sebuah penelitian menunjukkan bahwa stres mampu memperburuk gejala alergi yang sebelumnya sudah Anda derita.

Baca juga: 5 Hal Yang Mampu Membunuh Gairah Seksual Pria Secara Drastis

Penelitian yang menggunakan 179 orang dengan alergi tertentu sebagai sampel penelitian ini menemukan bahwa 40% dari mereka semakin buruk alerginya ketika menderita stres.

“Stres mampu menyebabkan beberapa efek negatif pada tubuh termasuk menyebabkan alergi yang diderita menjadi lebih parah,” jelas penulis penelitian ini Dr Amber Patterson, dari Ohio State University. “Penelitian ini juga menemukan bahwa suasana hati yang negatif akan semakin memicu alergi”.

“Gejala alergi seperti bersin, hidung meler, dan mata berair dapat menyebabkan stres tambahan bagi penderita alergi dan bahkan mungkin menjadi akar stres bagi sebagian orang,” lanjutnya.

Studi ini pun menyarankan bagi Anda yang sudah memiliki alergi untuk mulai mengelola stres. Walaupun mengurangi stres tidak dapat menyembuhkan alergi yang diderita, namun paling tidak kondisi tubuh Anda pun tidak akan ikut menurun ketika stres karena alergi.

Cara terbaik untuk mengurangi dan mengendalikan stres adalah meditasi, mengatur emosi, menyediakan waktu untuk melakukan kegiatan yang Anda sukai, serta menjalankan pola hidup sehat. (fmz/bb)

Comments
Loading...