advertisement

Benarkah Sunat Dapat Melindungi Pria Dari Penularan HIV?

berikut ini penjelasan benarkah sunat dapat melindungi pria dari penularan HIV

judi

FENOMAGZ – Sunat merupakan sebuah prosedur operasi untuk pengangkatan kulit preputium, atau yang biasa di sebut dengan kulup penis.  terdapat tiga bukti medis yang dapat mengatakan bahwa sunat ternyata dapat mengurangi risiko seorang pria untuk terkena HIV hingga 60 persen.

Baca juga: Ini Dia Cara Memahami Hasil Analisis Sperma Milik Anda

Hal yang sama juga dikumandangkan oleh Lembaga Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat, CDC. CDC menemukan bahwa secara medis, selain untuk mencegah penularan HIV, manfaat sunat juga sekaligus membantu mengurangi risiko penyakit kelamin lainnya yang dapat ditularkan lewat hubungan seks tanpa kondom.

Prosedur sunat juga dilaporkan dapat mengurangi risiko pria tertular herpes genital dan infeksi HPV, yang  diyakini menjadi faktor risiko kanker penis. Bahkan, sunat semasa kecil diketahui dapat memberikan perlindungan dari kanker penis, yang hanya terjadi di kulit kulup.

Meski demikian, sunat belum terbukti bisa mengurangi risiko infeksi HIV yang didapat melalui seks oral atau anal, maupun mengurangi risiko penularan HIV pada pasangan wanitanya. (fmz/bb)

Comments
Loading...