advertisement

Benarkah Terlalu Banyak Sperma Dapat Membuat Si Dia Sulit Hamil?

berikut ini penjelasan menurut hasil penelitian terbaru

judi

FENOMAGZ – Kesulitan Anda dan pasangan Anda untuk memiliki anak tidak selalu diakibatkan oleh faktor kesuburan wanita saja, tetapi juga pada kesuburan pria, sebab proses pembuahan itu sendiri melibatkan sel telur dan juga sel sperma. Salah satu sumber ketidaksuburan pria yang utama adalah jumlah sperma yang terlalu sedikit, atau pergerakan sperma yang terlalu lambat. Tapi tahukah Anda bahwa terlalu banyak sperma juga bisa membuat pria sulit membuahi?

Baca juga: 3 Posisi Seks Yang Bisa Digunakan Saat Badan Lelah

Di masa lalu, para periset biasanya fokus pada sel telur sebagai sumber utama masalah kehamilan dan keguguran. Hal ini disebabkan karena hanya ada satu sel telur yang berevolusi setiap siklus menstruasi.

Namun, hasil penelitian terbaru menemukan bahwa masalah ini juga bisa terjadi akibat penumpukan sperma pada sel telur, dan bagaimana cara sperma mencapai sel telur.

John MacLeod dan Ruth Gold melakukan perbandingan antara jumlah sperma dan kasus keguguran. Hasilnya, jumlah sperma yang lebih banyak dapat mengakibatkan keguguran atau kehamilan yang gagal.

Sperma yang dianggap berjumlah lebih banyak ini memiliki konsentrasi sekitar 100 juta/ml dengan 60% sperma yang bergerak (sperma motil). Bandingkan dengan jumlah sperma sedang yaitu sekitar 20-59 juta/ml yang terdapat pada sepertiga pria yang memiliki 4 atau lebih anak, tanpa keguguran. (fmz/bb)

Comments
Loading...