Fenomagz
Unleash the Wild Side

Benarkah, Terlalu Makan Banyak Tahu Bisa Bahayakan Sperma Pria?

0

Para Ahli Telah Temukan Bukti Bahwa Bahan Kimia Alami yang Terkandung Dalam Kedelai Dapat Merusak Sperma Pria

FENOMAGZ – Pria yang terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kedelai berpeluang merugikan kesehatan mereka. Para ahli kesuburan menemukan bukti bahwa bahan kimia alami yang terkandung dalam kedelai dapat merusak sperma.

Kedelai yang berasal dari biji tanaman asli dari Asia Tenggara memang menjadi alternatif susu. Selain itu produk makanan dengan bahan kedelai ini telah menjadi alternatif bagi para vegetarian dan vegan sebagai pengganti daging.

Menurut para peneliti di Spanyol, percaya bahwa terdapat bahan kimia yang disebut phytoestrogen, yang mirip hormon perempuan dan ditemukan dalam kedelai. Hal ini bisa berdampak pada peningkatan proporsi kromosom. Hormon ini mampu mengurangi kecepatan sperma dan mampu memengaruhi kesuburan pria. Ini pula yang bisa berakibat pada minimnya peluang pembuahan.

Para peneliti memulai penelitian dengan mengukur zat kimia yang disebut pengganggu endokrin, seperti Bisphenol A yang digunakan untuk membuat pelapis plastik. Namun, ketika tim peneliti memeriksa kembali hasil riset dan melacak 25 sukarelawan pria yang menjalani diet selama hampir dua tahun, mereka menemukan makan kedelai memiliki efek yang besar.

Sebuah studi  dr Francisco Dominguez dari University of Valencia and IVI Fertility mengatakan, hasil ini bisa membantu pria untuk memperbaiki tingkat kesuburan mereka, sehingga memudahkan pasangan untuk memiliki anak.

Sedangkan, menurut dr Dominguez, ahli fertilitas Professor Allan Pacey dari Sheffield University mengatakan studi ini hanya melibatkan debagian kecil pria dan belum bisa dipastikan apakah hasilnya berlaku untuk semua pria. Demikian, seperti yang dilansir dari Dailymail. ( fmz/af)

Baca juga:   Kondisi yang Bisa Membuat Tubuh Anda Lelah

Baca Juga : Buah-Buahan Ini Bisa Bikin Mr P Ereksi Lebih Kuat dan Prima

Comments
Loading...