advertisement

Berapa Lama Umur Kondom yang Aman Untuk Disimpan?

berikut ini penjelasan lama umur kondom yang aman untuk disimpan

judi

FENOMAGZ – Seperti halnya makanan, ternyata kondom juga ada tanggal kedaluwarsanya. Biasanya tanggal kedaluwarsa (expiration date) kondom tercantum pada kemasannya. Akan tetapi, mungkin saja tanggal yang dicantumkan sudah pudar sehingga sulit dibaca. Bisa juga terjadi kesalahan pada proses produksi sehingga informasi kedaluwarsanya tidak sesuai. Untuk menghindari risiko berhubungan seks menggunakan alat kontrasepsi yang sudah tidak layak lagi.

Baca juga: 3 Aktivitas Seksual Yang Bisa Membuat Anda Tertular Sipilis

Setiap jenis kondom memiliki daya simpan yang berbeda-beda, tergantung pada bahan dasar dan kemasannya. Namun, secara umum kondom bisa disimpan selama dua hingga lima tahun setelah kondom diproduksi. Ingat, daya simpan ini berlaku sejak kondom dibuat di pabrik, bukan sejak Anda membeli kondom dari toko. Maka, cara paling tepat dan efektif untuk mengetahui umur simpannya adalah memeriksa tanggal kedaluwarsa pada setiap kemasan kondom.

Anda dianjurkan untuk memerhatikan tanggal kedaluwarsa sebelum membeli kondom. Jangan membeli kondom yang tidak ada informasi tanggal produksi maupun kedaluwarsanya. Jika kondom yang Anda miliki sudah melampaui batas kedaluwarsa, segera buang dan jangan dipakai. (fmz/bb)

Comments
Loading...