Fenomagz
Unleash the Wild Side

Berbicara Sendiri Ternyata Bisa Menghilangkan Stres lho!

Ada 50 orang peserta yang diminta untuk memikirkan pengalaman yang menyakitkan dengan cara yang sama

0

 

FENOMAGZ – Berbicara sendiri bukan berarti anda gila. Malah, semakin sering anda berbicara sendiri itu menandakan anda sosok yang benar-benar cerdas. Hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian baru di scientific reports yang melibatkan dua percobaan terpisah.

Penelitian yang dilakukan oleh para periset memantau aktivitas otak 29 orang siswa. Para siswa diminta untuk melihat gambar yang netral dan yang mengganggu. Kemudian mereka di minta untuk membicarakan bagaimana perasaan mereka saat melihat gambar dengan sudut pandang orang pertama dan orang ketiga.

Ada 50 orang peserta yang diminta untuk memikirkan pengalaman yang menyakitkan dengan cara yang sama. Setelah dilakukan analisis terhadap kedua percobaan itu, para peserta bisa mengatur emosi nya dengan lebih baik untuk menghilangkan stres karena saat bercerita melalui sudut pandang orang ketiga, mereka berbicara sendiri.

Hal ini seperti mengubah mereka ke dalam mode yang berbeda saat mengalami emosi negative saat bercerita menggunakan namanya sendiri dibandingkan dengan menggunakan kata aku atau saya. Ketika siswa terpikat dengan gambar yang mengganggu, aktivitas di daerah otak yang melibatkan emosi mengalami penurunan dalam waktu satu detik karena berbicara dari sudut pandang orang ketiga.

Saat mereka melihat situasi dari sudut pandang orang ketiga, mereka mendapatkan sedikit jarak psikologi. Hal itu sangat membantu ketika mereka berada dalam situasi yang merangsang stres.

Penggunaan sudut pandang orang ketiga untuk bercinta harus direkomendasi kan oleh para psikolog terhadap pasien mereka yang sedang berjuang dengan kecemasan dan stress. Dengan begitu pasien bisa sedikit menghilangkan rasa stres nya. (fmz/pz)

Baca juga:   Hati-Hati Fenomen! Sering Tidur Bisa Mengakibatkan Kematian
Comments
Loading...