Berhati-Hatilah Ketika Memakai Sabun Antibakteri!

berikut ini penjelasan dari hasil penelitian pada sabun antibakteri

FENOMAGZ – Orang kebanyakan beralih dari sabun biasa ke sabun antibakteri karena percaya bahwa sabun antibakteri akan lebih efektif dalam membunuh kuman atau bakteri berbahaya. Jika Anda termasuk orang yang sering memakai sabun antibakteri, sebaiknya mulai berhati-hatilah dari sekarang. Sebuah penelitian terbaru menyimpulkan bahwa menggunakan sabun antibakteri bisa membawa dampak buruk untuk kesehatan Anda.

Baca juga: Rajin Konsumsi 6 Buah Ini Bikin Tubuhmu Semakin Berotot

Penelitian menjelaskan bahwa sabun antibakteri tak terlalu efektif untuk membunuh kuman. Selain itu, ketika memakai sabun antibakteri, sesungguhnya kita tengah membiarkan zat kimia yang berbahaya masuk dalam tubuh kita. Anda mungkin akan bertanya-tanya, zat kimia apa yang ada dalam sabun antibakteri, dan bagaimana zat tersebut masuk ke tubuh kita padahal penggunaan sabun hanya di luar tubuh?

Salah satu zat kimia yang ada di hampir semua sabun antibakteri adalah Triclosan. Nama zat kimia ini kemungkinan sudah sering Anda dengar. Triclosan adalah zat antibakteri sintetis yang bisa ditemukan pada semua jenis perawatan tubuh seperti sabun, sikat gigi, krim anti jerawat, dan kosmetik. Baru-baru ini Triclosan dicurigai menyebabkan masalah kesehatan dan saat ini baru akan diamati oleh US Food and Drug Administration (FDA).

Penelitian menjelaskan bahwa triclosan bisa masuk ke dalam tubuh meski hanya dipakai di luar kulit. Ini karena zat kimia tersebut bisa terserap oleh kulit kita dan masuk ke dalam tubuh. Hal ini ditemukan peneliti setelah menganalisis sampel urine dari orang yang secara rutin menggunakan sabun antibakteri. Mereka menemukan triclosan dalam tingkat yang tinggi dalam urine mereka.

Hasil ini juga menunjukkan bahwa terlalu banyak paparan zat kimia sintetis seperti triclosan akan mempengaruhi hormon dan menyebabkan masalah pada ibu hamil. Karena itu, tak hanya orang biasa saja yang harus waspada ketika menggungkan sabun antibakteri, tetapi juga ibu hamil. Selain itu, peneliti juga mengungkap bahwa paparan triclosan yang terlalu banyak pada tubuh akan mengembangkan bakteri yang kebal terhadap zat antibiotik.

Para ahli selanjutnya merekomendasikan agar Anda mencuci tangan dengan sabun biasa lebih sering daripada menggunakan sabun antibakteri. Mencuci tangan dan menggosoknya selama 20 detik cukup untuk membuat tangan bersih. Akan lebih baik lagi jika Anda memilih sabun yang terbuat dari bahan organik dan tidak mengandung racun. (fmz/bb)

Comments
Loading...